PERUMAHAN WEB

Prediksi Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karo di Pilkada Serentak 2024

oleh
Kolase: dua prediksi pertarungan bakal calon bupati dan wakil di Kabupaten Karo. (Istimewa/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak bakal dihelat pada 27 November 2024 mendatang. Sosok bakal calon (bacalon) Bupati dan Wakil Bupati Karo sudah meramaikan daftar kandidat di partai politik (parpol) peraih kursi pada Pileg 2024 lalu.

Dari data yang dihimpun, sejauh ini tak kurang dari 13 nama yang sudah mendaftar sebagai bacalon Bupati Karo di antaranya, Brigjen TNI (Purn) Jusua Ginting; Firman Firdaus Sitepu; Jusup Sukatendel; Theopilus Ginting; Brigjen Pol (Purn) Antonius Ginting; Bobby Tarigan; Tino Mimana Sinuraya; Cory Sriwaty Sebayang; Abetnego Panca Putra Tarigan; Pdt. Rudi Sembiring; Raja Urung Mahesa; Analgin Ginting; dan Boy Brahmana.

BACA JUGA..  KPU Deliserdang Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Pilkada 2024

Selain itu, sebanyak 7 kandidat sudah mendaftar sebagai bacalon Wakil Bupati Karo di antaranya, Justriadi Sinuhaji, AKBP (Purn) Andreas Karo-Karo Ketaren, Meteh Ngena Sembiring Meliala, Pdt. Edy Suranta Bukit, Efrat Jumat Agung Ginting, Immanuel Sembiring, dan Wahyudi Mangara Tarigan.

Diketahui, sebanyak 11 parpol meraih kursi DPRD Karo hasil dari Pileg 2024 lalu. Kesebelas parpol tersebut di antaranya, PDIP 10 kursi, Gerindra 5 kursi, NasDem 5 kursi, Golkar 4 kursi, Demokrat 4 kursi, PAN 3 kursi, Gelora 3 kursi, Hanura 2 kursi, PKB 2 kursi, Perindo 1 kursi, dan PKS 1 kursi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari sejumlah sumber tepercaya menyebutkan, Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Karo berpotensi bakal diisi sebanyak 4 pasangan calon (paslon). Bahkan, berdasarkan dinamika politik, tidak tertutup kemungkinan kontestasi politik bakal diisi 3 pasangan calon saja.

BACA JUGA..  Pilkada Serentak 2024, KPU Sumut Butuh 25.059 TPS

Adapun prediksi paslon dan partai pengusung di Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Karo yang mendapat dukungan parpol diantaranya:

Prediksi pertama:
1. Brigjen Pol (Purn) Antonius Ginting – Pdt. Edy Suranta Bukit
Partai pengusung: PDIP (10 kursi)
2. Cory Sriwaty Sebayang – Justriadi Sinuhaji
Partai pengusung: Gerindra dan Gelora (8 kursi)
3. Theopilus Ginting – Tino Mimana Sinuraya
Partai pengusung: Golkar, Demokrat, PKS, dan Perindo (10 kursi)
4. Abetnego Panca Putra Tarigan – Efrat Jumat Agung Ginting
Partai pengusung: Nasdem, PKB, PAN dan Hanura (12 kursi)

BACA JUGA..  Pasangan Salim Fakhry-Heri Al Hilal Minta Doa Restu Para Ulama

Prediksi kedua:
1. Abetnego Panca Putra Tarigan – Pdt. Edy Suranta Bukit
Partai pengusung: PDIP, Nasdem, PKB, PAN, dan Hanura (22 kursi)
2. Cory Sriwaty Sebayang – Justriadi Sinuhaji
Partai pengusung: Gerindra dan Gelora (8 kursi)
3. Theopilus Ginting – Tino Mimana Sinuraya
Partai pengusung: Golkar, Demokrat, PKS, dan Perindo (10 kursi)

Disampaikan juga posisi pasangan prediksi diatas sewaktu waktu dapat berubah menunggu hasil survei dari masing-masing partai pengusung dan mengumpulkan sejumlah pendapatan dari berbagai kalangan masyarakat karo. (*)

Reporter: Marko Sembiring
Editor: Maranatha Tobing