Defensive Riding, #Cari_Aman Berkendara di Jalan

oleh
Seorang instruktur safety riding PT Indako Trading Coy, saat mendemokan Defensive riding. (Indako for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Jika para pengendara sudah akrab dengan istilah safety riding, maka untuk #cari_aman di jalan, istilah defensive riding juga tidak kalah penting untuk dkenali lebih dalam. Defensive riding sendiri merupakan teknik berkendara dengan mengendalikan motor, agar terhindar dari risiko kecelakaan.

Teknik berkendara tersebut dilakukan dengan selalu melihat keadaan di sekitar sebelum mengendalikan motor kesayangan, mengingat saat berkendara bisa saja terjadi situasi dan kondisi yang memantik emosi selagi di jalan, seperti halnya berebut lajur, pindah jalur secara ceroboh, melanggar aturan lalu lintas dengan sengaja, dan sebagainya.

Eka Yolahati, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, pesan utama dari defensive riding bisa dikatakan mengalah untuk menang agar tetap #cari_aman di jalan. Karena, salah satu faktor penyebab kecelakaan di jalan raya sebenarnya dipengaruhi oleh perilaku sang pengendara sendiri.

Menurut Eka, setidaknya ada empat poin dasar yang menjadi acuan bagi para pengendara untuk menerapkan defensive riding di perjalanan yaitu kewaspadaan, kesadaran, sikap, dan antisipasi saat berkendara. Beberapa keuntungan juga menjadi milik pengendara yang menerapkan defensive riding, salah satunya pengendara akan selalu ingat adanya bahaya di jalan.

“Di tengah kondisi lalu lintas yang semrawut serta disiplin para pengendara di jalan yang masih minim atika, maka pengendara motor yang menerapkan defensive riding akan selalu bersiap untuk mengambil tindakan pencegahan dan meminimalisir setiap potensi yang akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan fatal,“ ujar Eka Yolahati.

Eka menambahkan, bahwa setiap berkendara tentunya kita harus mengingat tujuan sebelum kita berkendara. Di mana kita pastinya ingin sampai tujuan dengan selamat, dan kembali pulang dengan selamat pula karena ada keluarga tercinta yang menanti di rumah. Karenanya sangat dibutuhkan kewaspadaan, mengutamakan keselamatan, karena banyak hal- hal berharga dalam hidup yang harus kita jaga dengan #cari_aman saat naik motor di jalan. (*)

Reporter: Budi Hariadi
Editor: Maranatha Tobing