Upayakan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri, BP2MI Bersama Mitra Komisi IX DPR RI Beri Sosialisasi Masyarakat Binjai

oleh
Upayakan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri, BP2MI Bersama Mitra Komisi IX DPR RI Beri Sosialisasi Masyarakat Binjai

POSMETROMEDAN.COM – Wakil Wali Kota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu, STP, M.P menghadiri kegiatan Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Migrasi Aman. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) bersama mitra Komisi IX DPR RI, Jumat (9/2) di Gedung Samawa, Payaroba Prumnas Alum Permai, Kec. Binjai Barat dan Jl. Yus Sudarso No. 41 Kec. Binjai Utara Kota Binjai.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran (BP3MI) Sumatera Utara yakni Benny Rahmadani. Sementara anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar diwakili Delia Pratiwi Br. Sitepu, SH.

Wakil Wali Kota Rizky Yunanda dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih terutama kepada BP3MI Sumatera Utara dan anggota DPR RI Komisi IX Delia Pratiwi Br. Sitepu, SH yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Menurutnya, sosialisasi ini digelar sebagai bentuk penyediaan informasi guna memperoleh kesempatan kerja di luar negeri bagi angkatan kerja muda sehingga mampu mengurangi angka pengganguran.

“Kami berharap melalui sosialisasi seperti ini, masyarakat Kota Binjai yang berkeinginan untuk bekerja ke luar negeri paham dan memanfaatkan jalur yang resmi seperti melalui pemerintah langsung atau juga perusahaan yang telah ditetapkan oleh BP2MI,” ujarnya.

Lebih lanjut lagi, Ia mendorong Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Perdagangan untuk dapat memfasilitasi pencari kerja dalam mendapatkan pelatihan bahasa asing dengan menyediakan Balai Latihan Kerja.

Pada kesempatan ini, Wakil Wali Kota Binjai pun berpesan kepada para peserta agar berhati-hati terhadap oknum-oknum yang seringkali mengiming-imingi warga untuk bekerja ke luar negeri dengan cara yang cepat.

“Jika ada informasi keliru tentang bekerja ke luar negeri, yang pertama dilakukan adalah menanyakan kebenaran informasi tersebut ke Disnaker atau BP3MI. Kalau peluang kerja itu resmi, pasti akan terdaftar di dalam Sistem Komputerisasi Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (SISKOP2MI),” ucapnya.

Tampak hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Perdagangan Kota Binjai Drs. H. Hamdani Hasibuan, Camat Binjai Barat Oscar Arifandi Ginting, S.STP, MH, Camat Binjai Utara Hilman Anggana Lukha S.STP, M.AP, Lurah Payaroba Muhammad Safwan Siddin, S.STP.(*)

reporter: ryan
edirot: dany