PERUMAHAN WEB

Gelar Lomba Karya Jurnalistik 2024, Agincourt Resources Ajak Seluruh Jurnalis Indonesia Berpartisipasi

oleh
Poster Lomba Karya Jurnalistik Tambang Emas Martabe 2024. (Dok.PTAR for Posmetromedan.com)
HUT NAGAN RAYA

Posmetromedan.com – PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe, kembali menyelenggarakan Lomba Karya Jurnalistik 2024, sebuah ajang kompetisi bagi seluruh jurnalis di Indonesia dengan tema “Penerapan Aspek ESG (Environment, Social & Governance) untuk Pertambangan Berkelanjutan”, dengan total hadiah Rp60 juta dan kesempatan mengikuti ekspedisi lapangan.

Menurut Corporate Communications Senior Manager Agincourt Resources Katarina Siburian Hardono, kompetisi yang dilaksanakan untuk ketujuh kalinya ini, dirancang sebagai ruang bagi para jurnalis untuk membuat karya jurnalistik yang konstruktif dan inspiratif terkait Tambang Emas Martabe sebagai salah satu tambang emas terbesar di Indonesia.

Dirinya mengatakan, lomba ini juga menjadi kesempatan bagi para jurnalis Tapanuli Selatan dan sekitarnya, yang berada di sekitar wilayah operasional Agincourt Resources, untuk turut serta unjuk kemampuan dan berkompetisi di tingkat nasional.

“Selama 12 tahun beroperasi, Agincourt Resources tak hanya berfokus pada pengelolaan teknis pertambangan, tapi juga memiliki komitmen kuat dalam pengelolaan lingkungan, keanekaragaman hayati, hingga pemberdayaan masyarakat lingkar tambang. Lomba ini adalah wujud komitmen kami untuk mendorong dialog dan kesadaran mengenai praktik pertambangan yang berkelanjutan di Indonesia,” terangnya.

Dalam lomba tahun ini, peserta dapat memilih salah satu subtema yang telah ditentukan, yaitu Peran Sektor Tambang dalam Dekarbonisasi dan Perlindungan Keanekaragaman Hayati, Kolaborasi Perusahaan Tambang dan Masyarakat Lokal dalam Melestarikan Lingkungan Hidup, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Lingkar Tambang, dan Kontribusi Sektor Tambang dalam Majukan Pendidikan dan Kesehatan Masyarakat.

BACA JUGA..  KPU Kota Binjai Akan Rekrut Pantarlih Pada Pilkada 2024, Ini Jadwalnya

Katarina menambahkan, karya jurnalistik yang dapat diikutsertakan adalah yang telah dipublikasikan di media massa pada 1 Januari hingga 30 April 2024. Sedangkan pengumuman pemenang akan dilakukan pada 11 Mei 2024.

“Seperti penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, penilaian akan dilakukan dengan seobjektif mungkin oleh para juri yang memiliki keahlian dalam bidang jurnalistik. Poin penilaian adalah kesesuaian artikel dengan subtema, sudut pandang tulisan dan pemahaman isu, serta kualitas karya dan memenuhi kaidah jurnalistik. Kami mengundang seluruh insan jurnalis di Indonesia untuk mengikuti kompetisi ini,” pungkasnya.

Berikut adalah beberapa ketentuan peserta dan karya Lomba Karya Jurnalistik Tambang Emas Martabe 2024:

• Peserta adalah warga negara Indonesia.

• Peserta adalah wartawan atau wartawan lepas yang bekerja di media massa online dan cetak tingkat lokal, nasional, dan kantor berita asing.

• Karya jurnalistik yang diikutsertakan dalam lomba (seterusnya disebut karya) adalah artikel berbahasa Indonesia atau bahasa Inggris dalam bentuk soft news/ feature atau in-depth news.

BACA JUGA..  Operator SPBU No 14227.331 Batang Toru Restui Pengepul Solar Subsidi

• Karya sesuai dengan tema dan subtema serta harus berkaitan dengan Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe.

• Karya asli milik sendiri dan tidak mengandung unsur plagiarisme.

• Karya peserta harus orisinal, bukan terjemahan, saduran, atau rangkuman.

• Karya dibuat dan telah dimuat di media online atau media cetak tempatnya bekerja selama periode 1 Januari 2024 hingga 30 April 2024.

• Karya merupakan tanggung jawab penulis. Agincourt Resources lepas dari segala tuntutan hukum di kemudian hari dari pihak manapun termasuk pemilik objek yang ditulis dalam artikel.

• Karya harus sesuai dengan norma-norma sosial serta tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, tidak mempertentangkan unsur suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

• Karya belum pernah dilombakan dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain.

• Peserta dapat mengirimkan maksimal tiga karya. Masing-masing karya memiliki kesempatan menang yang sama.

Untuk informasi selanjutnya, calon peserta dapat mengunjungi website www.agincourtresource.com, akun Instagram Agincourt Resources, atau berkorespondensi ke lomba.jurnalistik@agincourtresources.com.

Sekilas Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe dikelola dan dioperasikan oleh PT Agincourt Resources di bawah Kontrak Karya (KK) generasi keenam dengan total luas wilayah 1.303 km². Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatra, tepatnya di Kecamatan Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

BACA JUGA..  Puncak Perayaan HKG PKK Ke-52 Dihadiri Pj Wali Kota Tebingtinggi

Tambang Emas Martabe mulai berproduksi penuh pada 24 Juli 2012 dan memiliki basis sumber daya 6,5 juta ounce emas dan 64 juta ounce perak per 30 Juni 2022. Kapasitas operasinya lebih dari 7 juta ton bijih per tahun untuk memproduksi lebih dari 200.000 ounce emas dan 1-2 juta ounce perak per tahun.

Lebih dari 3.000 karyawan dan kontraktor bergabung di Tambang Emas Martabe, sekitar 99% di antaranya warga negara Indonesia, dan lebih dari 70% berasal dari desa-desa di sekitar tambang dan wilayah lain di Tapanuli Selatan.

Sejak 2015, Agincourt Resources ditetapkan sebagai Objek Vital Nasional (Obvitnas) sektor energi dan sumber daya mineral. PT Danusa Tambang Nusantara (PTDTN) memegang 95% saham PT Agincourt Resources. PTDTN adalah anak usaha PT United Tractors Tbk dengan kepemilikan saham 60% dan PT Pamapersada Nusantara dengan kepemilikan saham 40%, sekaligus bagian dari grup usaha PT Astra International Tbk. Sebanyak 5% saham PT Agincourt Resources dimiliki PT Artha Nugraha Agung (PT ANA). (*)

Sumber: humas Agincourt Resources
Editor: Maranatha Tobing