Begini Manfaat Simulasi untuk Suksesnya Pemilu 2024 

oleh
Simulasi pemungutan suara yang digelar KPU Tapsel di halaman Pasar Huta Tonga Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapsel, Kamis (18/1/2024). (Amran Pohan/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Untuk mempersiapkan dan menguji pelaksanaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara, pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, agar berjalan aman, lancar dan demokratis, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapanuli Selatan (Tapsel), mengelar simulasi di Huta Tonga, Kecamatan Angkola Muara Tais, Kabupaten Tapsel, Kamis (18/1/2024).

Ketua KPU Tapsel Zulhajji Siregar menyebut, lewat simulasi itu, diharap dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat, penyelenggara Pemilu di tingkat desa, kecamatan, sehingga nantinya dapat menjadi acuan tentang pemungutan dan penghitungan suara sesuai Peraturan KPU (PKPU).

“Simulasi real ini bertujuan, agar dalam Pemilu nanti, dapat digunakan sebagai pedoman KPPS, PPS dan PPK. Selain itu juga sebagai uji coba praktek kesiapan mereka sesuai regulasi PKPU No. 26 tentang penghitungan dan pemungutan suara di TPS, ” terangnya.

BACA JUGA..  Kapolres Tanjungbalai Cek Pengamanan Rekapitulasi di PPK

Menurutnya, lewat simulasi ini sebagai sosialisasi kepada publik tentang tahapan yang sudah mendekati Pemilu 2024, sehingga publik bisa melihat menyaksikan, dan bisa menjadi pemilih aktif karena yang menjadi pemilih dalam simulasi ini adalah pemilih real berjumlah 50 orang.

“Simulasi yang dilakukan untuk mengetahui estimasi waktu, dalam proses pemungutan suara Presiden/Wakil Presiden, anggota DPD, DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten dan dalam simulasi ini. Kita undang juga dari badan ad hoc supaya mempunyai gambaran real proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS, ” sebutnya.

BACA JUGA..  Diduga Sebar Hoax, Oknum ASN Pemkab Simalungun akan Segera Dilaporkan

Dimana, melalui simulasi ini, masyarakat dapat mengetahui tata cara  pemungutan suara mulai dari pendaftaran, pencoblosan hingga penghitungan suara, apalagi simulasi ini dilakukan secara “real’ atau sebenarnya seperti pada Pemilu 2024 mendatang.

“Dalam simulasi ini, sekaligus kita ingin juga memastikan proses dan tata cara penghitungan suara. Selain itu juga, kegiatan ini sebagai uji coba kesiapan penyelenggara Pemilu di tingkat TPS, KPPS dan PPK, ” ucapnya.

Pada kesempatan itu, peserta simulasi menyampaikan, dengan simulasi ini tentu dapat menambah wawasan kepada warga serta petugas KPPS, yang akan melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara pada Pebruari 2024 nanti.

BACA JUGA..  Pj Bupati Langkat Sidak ke Desa Tanjung Jati, Ini Pesannya

Simulasi yang dibuka Ketua KPU Tapsel Zulhajji Siregar, dihadiri Komisioner KPU Tapsel, sekretaris KPU Rizky Ritonga, Badan Pengawas Pemilu Tapsel, Forkopimda, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Tapsel, Panitia Pemungutan Suara (PPK) se Tapsel dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ini, juga dirangkai penggunaan aplikasi Sistim Rekapitulasi Suara (Sirekap) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Simulasi ini diikuti sekira 50 orang peserta dari warga Kelurahan Pasar Huta Tonga Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapsel. (*)

Reporter: Amran Pohan
Editor: Maranatha Tobing