Agar Aman dan Nyaman, Ini Cara Tepat Merawat Rem Cakram Motor

oleh
Seorang test driver sepedamotor matik Honda saat melakukan aksi demonya. (Indako for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Untuk menciptakan berkendara aman dan nyaman di jalan, maka kedisiplinan melakukan perawatan pada komponen penting motor wajib hukumnya, salah satunya rem cakram. Selain berfungsi untuk mengontrol kecepatan, rem pada kendaraan juga dapat memperlambat dan memberhentikan kendaraan. Jika kinerja rem terganggu, maka tentu saja dapat membahayakan keselamatan berkendara dari pengguna motor.

Erwin Chandra, Instructor Technical Service PT indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa rem merupakan komponen keselamatan yang penting untuk kendaraan roda dua. Para pengendara perlu mengetahui bahwa berdasarkan kegunaannya, rem cakram memiliki dua tipe yaitu rem hidrolik (rem cakram) dan rem mekanis (rem tromol).

BACA JUGA..  Paddock Astra Honda Kembali Terisi di Junior GP Barcelona

Menurutnya Erwin, tentu saja rem cakram pada sepeda motor lebih baik, seperti halnya dapat melepas daya panas yang lebih baik dari pada rem tromol. Namun untuk pengoperasian dan perawatannya  agar dapat bekerja dengan baik dan mendukung kelancaran berkendara sangat penting dipahami.

Pertama, memeriksa kanvas rem atau mengganti minyak rem bermanfaat untuk menjaga agar kinerja rem cakram lebih optimal. Umumnya, penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 km. Jika warnanya semakin gelap, maka kualitasnya minyak rem menjadi berkurang dan harus diganti.

BACA JUGA..  Paddock Astra Honda Kembali Terisi di Junior GP Barcelona

Kedua, pengguna sepeda motor juga harus rutin membersihkan caliper mengingat rem cakram bersifat terbuka, sehingga saat berkendara di jalanan, debu dan kotoran ikut menempel pada kanvas atau piston yang akan mempengaruhi kinerja rem menjadi tidak maksimal.

Ketiga, efek yang cukup terasa apabila kaliper bermasalah adalah turunnya kualitas pengereman serta kerja handle rem menjadi berat atau blong. Hal ini dapat menimbulkan resiko kecelakaan.

BACA JUGA..  Paddock Astra Honda Kembali Terisi di Junior GP Barcelona

Erwin Chandra menambahkan, bahwa, sebagai komponen yang mendukung terciptanya #cari_aman di jalan, maka Honda mengajak para pecintanya untuk rutin  melakukan pengecekan dan perawatan di bengkel resmi AJASS terdekat sehingga tunggangan semakin prima dan siap berkendara aman dan nyaman bersama motor kebanggaan. (*)

Reporter: Budi Hariadi
Editor: Maranatha Tobing