Ini Tips Aman Meninggalkan Motor Kesayangan saat Mudik Tahun Baru

oleh
Salah satu sepeda motor matik Honda. (Istimewa/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Moment istimewa Natal dan Tahun Baru (Nataru) biasanya dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk pulang ke kampung halaman, berkumpul bersama keluarga dan orang tercinta. Menempuh perjalanan jauh, banyak yang memilih menggunakan trasportasi publik seperti bus, kereta api, atau pesawat, dan meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah.

Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan, #cari_aman tidak hanya dibutuhkan saat berkendara jalan, namun ketika mudik dan harus meninggalkan motor kesayangan dalam waktu yang cukup lama juga dibutuhkan pengetahuan terkait sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi motor agar tetap aman.

BACA JUGA..  Harga Beras Belum Stabil, Pemko Tebing Gelar Pasar Murah

Pertama, sebaiknya motor ditinggalkan dalam kondisi bersih dan kering. Hal ini menjadi penting untuk menghindari korosi atau karat sekaligus tidak meninggalkan bau tidak sedap selama ditinggal mudik.

Kedua, untuk keamanan akan lebih baik jika mengosongkan tangki bahan bakar dan jangan lupa lakukan pengecekan pada kemungkinan terjadi kebocoran tangki bahan bakar, remebsan oli mesin coolant, dan oli suspensi.

Ketiga, sangat penting untuk memeriksa kondisi tekanan ban, karena jika ditinggalkan dengan posisi parkir dalam waktu cukup lama, maka biasanya tekanan angin ban dapat berkurang karena perubahan suhu, dan tidak dilapisinya ban dengan alas saat ditinggalkan. Penggunaan standar tengah dapat membantu kestabilan motor tetap terjaga ketika dalam kondisi parkir.

BACA JUGA..  Pj Gubernur Sumut Pastikan Persiapan Berjalan Baik

Keempat, sebelum meninggalkan motor sebaiknya cabut kedua kabel aki untuk menghindari aki soak setelah ditinggal lama. Aki yang kabelnya  tidak dicabut dan ditinggal lama bisa soak karena baterai berpotensi masih mengeluarkan sedikit muatan listrik saat terhubung dengan motor.

Kelima, pastikan motor disimpan di tempat yang cukup aman dan tidak terkena panas dan hujan Simpan motor di dalam rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, agar motor tetap bersih dari debu dapat menutupnya dengan menggunakan sarung atau cover motor.

BACA JUGA..  Bupati Tandatangani MoU Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

Keenam, tidak  kalah penting, pastikan sepeda motor sudah dikunci dengan aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk menghindari tindak kejahatan, motor yang ditinggal di rumah dihimbau selalu kunci setang dan pakai kunci tambahan.

Sofiyan Hazri menambahkan, dengan memastikan kondisi motor yang ditinggalkan di rumah dalam keadaana aman, maka aktivitas silaturahmi di kampung halaman juga dipastikan akan membawa kegembiraan. Kembali ke rumah disambut kondisi motor yang tetap prima, tentunya akan menambah semangat untuk kembali beraktivitas di tahun yang baru. (*)

Reporter: Budi Hariadi
Editor: Maranatha Tobing