PERUMAHAN WEB

Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024

oleh
Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024

POSMETROMEDAN.COM – Wali Kota Binjai, Drs. H. Amir Hamzah, MAP beserta Unsur Forkopimda Mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024 dalam Rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024 di Wilayah Hukum Polres Binjai di Lapangan Bhayangkara Polres Binjai, Selasa (17/10).

Dalam sambutannya, Kepala Kepolisian RI yang diwakili oleh Kapolres Kota Binjai AKBP Rio Alexander Panelewen, SIK menyatakan bahwa apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan Demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Presiden Joko Widodo bahwa pada tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita akan menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini merupakan pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa dan negara kita.

BACA JUGA..  Pemko Binjai Terima Kunjungan Kerja Pemerintah Kota Nan'an

Guna mengamankan pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, Kementrian/Lembaga, instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya menggelar “Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024”.

Operasi ini dilaksanakan selama selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan pemilu.

BACA JUGA..  Wali Kota Binjai Harap Pengajian Akbar Perkuat Ukhuwah Islamiyah dan Keimanan

Korps Brimob terbagi dalam 4 wilayah sedangkan untuk Pasukan Pengendalian Masyarakat (Dalmas) Nusantara terbagi dalam 7 zonasi. Bukan hanya itu, Polri juga menyiapkan 2.000 personel Brimob Power On Hand Kapolri serta 8.500 personel Dalmas Nusantara yang siap dimobilisasi kapanpun dan dimanapun ke seluruh wilayah indonesia.

Sebagai dukungan terhadap Operasi Mantap Brata 2023-2024, Polri juga menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024 untuk membangun narasi besar “Persatuan dan Kesatuan, Serta Kemajuan Bangsa diatas Kepentingan Kelompok” guna mengantisipasi polarisasi akibat berita palsu, Isu SARA, propaganda Firehouse of Falsehood dan Black Campaign yang dilengkapi dengan Satgas Anti Money Politics serta satgas pemilu damai.

BACA JUGA..  Sekda Kota Binjai Lepas Putri Aniqa Tarigan Untuk Mengikuti Pelatihan Bintang Sobat 2024 Di Jakarta

Saya ucapkan terima kasih dan selamat bertugas kepada seluruh personel yang terlibat. Mari bersama-sama kita amankan Pemilu 2024, demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 yang kita cita-citakan bersama.

Turut Hadir dalam Apel, Kapolres Kota Binjai, Dandim 0203/Lkt, Ketua DPRD Kota Binjai, H. Noor Sri Alam Putra, ST, Kepala BNN, Ucok Ferry, MH, Pengadilan Negeri diwakilkan oleh Panitera, Kajari Binjai diwakilkan oleh Kasi Pidum, KPU Bawaslu, Kepala Satpol PP, Kepala Dishub, Chairin Fitri Simanjuntak, S.Sos, MM, Kalaksa BPBD, Iman Siswanto, S.Sos, dan Para Perwakilan Partai.(*)

reporter: ryan
editor: mangapu sormin