PERUMAHAN WEB

Dana Desa Rp236 Miliar Diterima Pemkab Langkat

oleh
Apel Gabungan ASN dan Non ASN jajaran Pemkab Langkat, Senin (25/9/23) di halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat. (Istimewa)

POSMETROMEDAN.com- Pemerintah Kabupaten Langkat telah menerima Dana Desa (DD) tahun anggaran (TA) 2023 sebesar Rp 236.620.647.000 (236 miliar lebih) dari pemerintah pusat untuk 240 desa.

“Prioritas pembangunan dana desa diperuntukkan bagi pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional dan mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam,” sebut Asisten Adm Ekbangsos Pemkab Langkat, Sukhyar Mulyamin saat memimpin Apel Gabungan jajaran Pemkab Langkat, di halaman Kantor Bupati Langkat, Senin (25/9/2023).

BACA JUGA..  Gerak Cepat Pemkab Batu Bara Susun Rencana Atasi Tanggul Sungai Dalu-dalu

Sementara untuk penghasilan tetap (Siltap) Perangkat Desa, lanjut Sukhyar, Pemkab Langkat telah menganggarkan sebesar Rp 126.992.191.500, akan di bayarkan menjadi 2 (dua) tahap yaitu tahap l (pertama) sebesar 60%, dan tahap ke ll (dua) sebesar 40%.

Selanjutnya Sukhyar menyampaikan sejumlah prestasi Pemkab Langkat di tahun 2023, diantaranya:

Pemkab Langkat telah mengikuti lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif Republik Indonesia.

BACA JUGA..  Pj. Bupati Langkat Faisal Hasrimy Berikan Pesan kepada para Siswa Bintara Polri Gel.I T.A 2024

“Bumdes Wahana Mandiri Sejahtera Desa Perkebunan Bukit Lawang Kecamatan Bahorok meraih juara harapan 3 (tiga ) kategori daya tarik pengunjung, hadiahnya diberikan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif di Jakarta,” sebutnya.

Kemudian Pemkab Langkat mengikuti kegiatan lomba BUMDes Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sumut.

BACA JUGA..  20 Jamaah Haji Sumut Meninggal Dunia

“Bumdes Bertuah Maju Jaya Desa Secanggang Kecamatan Secanggang meraih juara harapan 2 (dua), hadiahnya langsung diberikan Gubernur Sumatera Utara di Medan,” sebutnya.(*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Mangampu Sormin