10 Besar Nominasi Harmonis, Langkat Terima Penghargaan ASN BerAKHLAK

oleh
Masuk 10 besar nominasi Harmonis, Pemkab Langkat terima penghargaan ASN BerAKHLAK. (Istimewa)

POSMETROMEDAN.com- Plt Bupati Langkat Syah Afandin menerima piala dan piagam penghargaan hasil survey ASN BerAKHLAK 2022, di Menara 165 Lantai 24 Jl TB Simatupang Kav I Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (8/5/2023).

Penghargaan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Langkat sebagai 10 besar dengan indeks implementasi nilai “Harmonis”. Penilaian ini melalui hasil survei pemetaan budaya kerja ASN Pemkab Langkat yang diikuti 4.011 responden.

Adapun nilai yang di dapat Kabupaten Langkat di antaranya:

1.Indeks implementasi berakhlak dengan meraih nilai 63,5% dengan katagori B (Cukup Sehat)
2.Beroreantasi Pelayanan meraih nilai 54,2% dengan katagori B (Cukup Sehat)
3.Akuntabel meraih Nilai 81,1% dengan katagori A (Sehat)
4.Kompeten dengan meraih nilai 58,4% dengan katagori B (Cukup Sehat)
5.Harmonis meraih Nilai 78,8% dengan katagori A (Sehat)
6.Loyal meraih nilai 66,8% dengan katagori B (Cukup Sehat)
7.Adaptif meraih nilai 35,1% dengan katagori C (Tidak Sehat)
8.Kolaboratif meraih nilai 70,0% dengan katagori B (Cukup Sehat)

Pemkab Langkat terima penghargaan ASN BerAKHLAK. (Istimewa)

Plt Bupati Langkat menyampaikan ucapan terima kasih kepada lembaga Accelerated Consulting Training (ACT) Internasional yang bekerjasama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Birokrasi (Kemenpan RB) atas penghargaan yang diterima oleh Pemkab Langkat dengan kategori nominasi nilai harmonis.

BACA JUGA..  Masyarakat Pancurbatu Kirimi Papan Bunga kepada Pangdam I/BB

Penghargaan ini, sebut Afandin, tidak terlepas dari seluruh kerja keras ASN Pemkab Langkat untuk berupaya dan mampu menerapkan budaya kerja ASN BerAKHLAK (Berientasi, Pelayanan, Akuntanel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

Dengan diterimanya penghargaan ini, Afandin yakin akan menumbuhkan semangat dan motivasi ASN Pemkab Langkat untuk terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik secara terus-menerus. Dan menjadikan budaya berakhlak menyatu dalam niat, perbuatan dan tindakan bagi setiap pribadi ASN, pada akhirnya menjadi perilaku budaya yang melembaga.

Pemkab Langkat terima penghargaan ASN BerAKHLAK. (Istimewa)

Selanjutnya Afandin menyampaikan, sejak diluncurkannya Core Values ASN BerAKHLAK oleh Presiden Ir Joko Widodo pada tanggal 27 Juli 202 lalu, Pemkab Langkat kemudian menindaklanjuti dengan sosialisasi dan bimbingan teknis.

BACA JUGA..  Diakhir Jabatan Bupati Deliserdang Gagal Lantik Dua Pejabat Eselon II

Serta melakukan penandatanganan komitmen penerapan Core Values ASN BerAKHLAK kepada seluruh perangkat daerah, untuk berkomitmen kuat dalam membumikan berakhlak dan bangga melayani bangsa di Langkat.

“Perlu kami sampaikan bahwa Pemkab Langkat akan terus melakukan upaya agar berakhlak tidak hanya menjadi slogan belaka, namun akan menjadikan mental dan model setiap ASN untuk membangun komitmen kebersamaan yang kuat di jajaran ASN untuk memiliki budaya kerja dan mengimplementasikan bangsa melayani bangsa,” terangnya.

Pemkab Langkat terima penghargaan ASN BerAKHLAK. (Istimewa)

“Sekali lagi atas nama Pemkab Langkat, kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada lembaga ACT dibawa kepemimpinan Bapak Ginanjar Agustian. Semoga lembaga ACT nantinya dapat bekerja sama dengan Pemkab Langkat untuk Core Values ASN BerAKHLAK yang berkelanjutan,” tambahnya.

Sementara, Luki Alamsyah selaku Direktur Utama PT Area Bangun Bangsa yang menyerahkan penghargaan, menyampaikan pihaknya menyelenggarakan kurang lebih 100 even perbulan, atau 25 even per pekan di seluruh Indonesia.

“Kami senang menyambut kehadiran Bapak Plt Bupati Langkat dan jajarannya,” sebutnya.

BACA JUGA..  Bobby Nasution Segera Tindak Lurah yang Naikkan Harga di Pasar Murah
Pemkab Langkat terima penghargaan ASN BerAKHLAK. (Istimewa)

Ia juga mengingatkan bahwa 27 juli 2021, Presiden Ir Joko Widodo meluncurkan ASN berakhlak dan juga ASN bangga melayani bangsa. Sejak dicanangkannya dan berkordinasi Kemenpan RB, seluruh kementerian dan lembaga menyelenggarakan berbagai upaya untuk bagaimana yang diamanatkan Presiden untuk di lakukan proses yang tiada henti untuk melakukan internalisasi ASN BerAKHLAK.

“Pada hari ini kami di beri kesempatan untuk memberikan penghargaan kepada Pemkab Langkat, saya mewakili Bapak Ginanjar Agustian, merasa bangga hati menyerahkan piagam penghargaan ini,” ujarnya.

“Dan harapan kami nanti kerja keras dan kerja hebat dari Bapak Plt Bupati Langkat dan jajaran, tidak henti detik ini, terus didengungkan, terus dilalukan upaya internalisasi. Sehingga mencapai dan memiliki ASN yang integritas, yang siap lahir batin untuk mewujudkan Indonesia emas di 2045,” harapnya menambahkan. (*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Mangampu Sormin