Indonesia vs Myanmar; Minimalisir Kesalahan

oleh -119 views
Timnas Indonesia

POSMETROMEDAN.com – Timnas Indonesia kembali menggelar pertandingan uji coba jelang Piala AFF 2020. Kali ini skuat Garuda akan menghadapi Myanmar di Stadion Gloria Antalya, Turki, Kamis (25/11/2021).

Sebelumnya, Timnas Indonesia sudah terlebih dahulu melakukan uji coba melawan Timnas Afghanistan pada Selasa (16/11/2021) kemarin. Pada pertandingan tersebut, Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Afghanistan.

Melawan Myanmar, pelatih Timnas Indonesia harus tetap waspada. Terlebih Myanmar merupakan tim yang ranking FIFAnya lebih baik dibandingkan oleh Timnas Indonesia. Saat ini Myanmar ada di posisi 148 sedangkan Indonesia ada di posisi 166.

BACA JUGA..  Prediksi Corinthians vs Gremio, 06 Desember 2021

Jika mengacu ranking ini, Myanmar merupakan lawan yang lebih baik dari lawan Timnas Indonesia sebelumnya, yakni Afghanistan yang berada di peringkat ke-152 FIFA.

Namun hal tersebut tak bisa menjadi acuan. Terlebih jika melihat rapor pertemuan Timnas Indonesia lebih unggul dibandingkan dengan Myanmar.

Timnas Indonesia terakhir kali bentrok dengan Myanmar pada 25 Maret 2019. Ketika itu Timnas Indonesia yang diarsiteki Simon McMenemy unggul 2-0. Dua gol Indonesia dilesakkan Greg Nwokolo pada menit ke-41 dan pelatih Ilija Spasojevic (85′).

Dari 16 pertemuan yang sudah dijalani oleh kedua  tim sejak Myanmar berganti nama dari Burma, Indonesia delapan kali menang, tiga kali imbang, dan lima kali kalah.

BACA JUGA..  2022, Honda tetap Berikan Dukungan ke Red Bull

Timnas Indonesia pun berhasil menang beruntun dalam dua pertemuan terakhir atas Myanmar. Hal ini bisa menjadi acuan tersendiri untuk Shin Tae-yong untuk bisa memberikan motivasi lebih kepada para pemain Timnas Indonesia.

Sementara itu, jika melihat performa Myanmar dari beberapa pertandingan terakhir, Myanmar baru saja menang 8-0 atas klub Antalya Halspor di Turki, Kamis (18/11/2021).

Namun, sebelumnya, Maung Maung Lwin dan kawan-kawan takluk 1-2 dari timnas Burundi pada 13 November dan menang 2-1 atas tim amatir Turki, Mengekspor, pada 10 November.

BACA JUGA..  Prediksi Bahia vs Fluminense, 06 Desember 2021

Ada banyak pelajaran yang diambil Shin Tae-yong dari kekalahan vs Afghanistan, yang coba diperbaiki dalam laga kontra Myanmar, Kamis malam, pukul 20.30 WIB.

“Ada beberapa hal yang saya pelajari di pertandingan melawan Afghanistan. Saat pertandingan, banyak sekali melakukan kesalahan dari kita sendiri,” ucap Shin.

“Jadi, untuk pertandingan berikutnya, kita harus meningkatkan permainan kita, harus mengurangi (meminimalisir) kesalahan-kesalahan yang kita lakukan,” lanjut pelatih asal Korea tersebut. (bbs/ras)

 

EPAPER