Bupati Deliserdang Buka Pelatihan Pendampingan UMKM GP Ansor Sumut

oleh -191 views

POSMETROMEDAN.com – Bupati Deliserdang menghadiri dan membuka acara Pelatihan Pendampingan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Provinsi Sumatera Utara, di Taman Cadika Pramuka Lubukpakam, Kamis (28/10/2021).

Pelatihan tersebut bekerjasama dengan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT POS serta BUMN lainnya.

Hadir Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Addin Jauharudin MM, Pimpinan Pusat (Korwil Sumatera) Ahmad Jabidi Ritonga, Wakil Rais Drs. KH. Sutan Syahrir Dalimunthe MA, Ketua Tanfidziah PWNU H. Syahrial Tambunan, Penasihat PW GP Ansur Sumatera Utara Labuhan Hasibuan, Ketua PW GP Ansor Sumatera Utara H. Adlin Umar Yusri Tambunan ST, MSP, beserta pengurus, Ketua PC GP Ansor Deli Serdang Julyadi Yahya Pulungan beserta pengurus serta peserta pelatihan yang berasal dari berbagai daerah Se-Sumatera Utara.

Pada kegiatan tersebut, Bupati H. Ashari Tambunan didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Citra Effendi Capah MSP, Kadis Pendidikan Timur Tumanggor S.Sos, MAP, Kadis Koperasi dan UKM Dra. Hj. Rabiatul Adawiyah Lubis M.Pd, Kadis Dukcapil Gustur Husin Siregar SH, Kadis Porabudpar Kahirum Rizal ST, MAP, Kaban Kesbangpol Drs. Haris Binar Ginting, Kadis Perindag T.M Zaki Aufa S.Sos MAP, Kakan Kemenag, Abdul Haris Harahap, SAg, M. Si, Sekretaris Dinas Kominfo Safi’i Sihombing SIP, MAP, Kabag Kesra Setdakab Mukti Ali Harahap S.Ag M.Si, Kabag Prokopim Setdakab M. Ari Mulyawan Simatupang SH dan Camat Lubuk Pakam, Danang Purnama Yuda, S.STP, M.AP beserta Muspika.

BACA JUGA..  Ulos Batak Toba Berusia 300 Tahun Ada di Samosir

Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan mengatakan UMKM jelas sudah menjadi roda perekonomian di Indonesia. Sejarah telah membuktikan pada tahun 1998, terjadi permasalah ekonomi yang melanda pada saat itu.

Banyak pendapat mengatakan bahwa UMKM lah yang akhirnya bisa bertahan,dan kemudian secara berangsur-angsur mempertahankan tingkat kesejahteraan masyarakat dan menggerakan roda ekonomi dan kemudian pada saatnya usaha-usaha yang lebih besar bisa kembali pulih sampai tahap seperti sekarang ini,” ujar Bupati.

UMKM ini merupakan bidang yang paling banyak menyerap tenaga kerja, jadi sudah jelaslah bahwa inilah kesempatan yang paling baik bagi kita semua untuk ikut mengambil peran dalam rangka tidak saja untuk kesejahteraan masing-masing individu melainkan dapat menggerakan ,mengembangkan dan meningkatkan perekonomian bangsa kita,” jelas Bupati

Bupati sependapat dengan Pimpinan Pusat dan Ketua PW GP Ansor Sumatera Utara, mari manfaatkan kesempatan yang baik ini, bagaimana kita semua menjadi orang-orang yang lebih baik ,mandiri hingga meningkatnya kesejahteraan individu itu sendiri hingga kita bisa menjadi pemberi zakat bukan penerima zakat karena kesejahteran kita lebih baik,” katanya.

BACA JUGA..  PT Karo Bumi Energi Penuhi Tuntutan Masyarakat Desa Kandibata

Pemkab Deli Serdang juga berharap pada kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik dan sukses. Untuk Pemkab Deli Serdang, mempersiapkan, menyediakan diri untuk menindaklanjuti hasil-hasil pelatihan yang diselenggarakan pada hari ini.

“Berharap pasca pelatihan ada hal-hal lain yang dapat dilakukan, dalam kebersamaan antara Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan GP Anshor, apa yang dihasilkan dalam pelatihan tersebut dapat diimplementasikan sehingga apa yang kita harapkan dapat tercapai,” pungkas Bupati.

Sebelumnya, Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Sumut, H. Adlin Yusri Tambunan, ST, MSP, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik serta sesuai dengan visi dan misi organisasi yaitu kaderisasi, konsolidasi dan distribusi kader yang mantap.

Lanjut Ketua PW GP Ansor, selama ini Kader GP Ansor bergerak di banyak bidang, pada saat ini kita memberi kesempatan kepada para kader untuk menjadi pengusaha yang tangguh.

“Kegiatan ini selalu kita dorong dan semoga kedepannya menjadi berkah bagi kita semua. Terima kasih kepada BNI sebagai penyelenggara acara dan PT. POS Indonesia, PTPN 2,3 dan 4 yang telah hadir,” cap Ketua PW GP Ansor.

BACA JUGA..  Bupati Langkat Hadir Ikut Mendoakan

Pimpinan Pusat GP Ansor, Ahmad Jabidi Ritonga mengatakan bahwa pandangan beberapa kelompok GP Ansor bekerjasama dengan pemerintah bukan dikarenakan satu kedekatan politik, namun GP Ansor mempunyai kesamaan pandangan dan cita-cita masa depan Indonesia baik itu soal agama, budaya dan lain-lain.

Khusus Bidang ekonomi, GP Ansor bukan hanya kuat di Sumatera Utara saja, minimal seluruh Indonesia. GP Ansor dibutuhkan oleh pemerintah namun pemerintah dibutuhkan oleh GP Ansor tidak hanya dari segi Ekonomi, tetapi juga secara mental,” ujar Ahmad Jabidi Ritonga.

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Sumatera Utara yang juga Wakil Rais, Drs. KH. Sutan Syahrir Dalimunthe MA, mengucapkan selamat atas dibukanya Pelatihan UMKM yang digagas oleh Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Utara.

“Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Sumatera Utara sangat berbahagia dan mendukung atas kegiatan Pelatihan UMKM yang diselenggarakan pada hari ini,” ucap Wakil Rais PWNU Sumut. (drt)

EPAPER