MANDIRI SYARIAH

Jangan Asal, Ini Cara Ngegas yang Hemat Bensin ala Honda

oleh -155 views

EPAPER

POSMETROMEDAN.com – Menghadapi zaman sulit seperti saat ini, beragam cara dilakukan untuk menghemat pengeluaran. Begitu juga bagi pengendara sepeda motor yang harus pintar-pintar menghemat pengeluaran dengan memahami bagaimana cara berkendara ekonomis. Pasalnya cara berkendara yang tidak benar dapat berimbas pada besarnya konsumsi bahan bakar minyak (BBM), meskipun motor yang digunakan merupakan motor yang irit bensin.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan, mengatur bukaan gas tangan pada motor menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghemat BBM pada saat berkendara dengan motor.

BACA JUGA..  Yayasan AHM Kembali Berikan Beasiswa untuk Pelajar & Guru

“Cara berkendara ini dipastikan dapat memberikan manfaat bagi pengendara, karena tidak hanya dapat menghemat bahan bakar, namun juga dapat menghindarkan pengendara dari berkendara kebut-kebutan yang beresiko kecelakaan yang fatal, “ ujar Erwin Chandra.

Dengan mengegas, maka akan menghasilkan ledakan bahan bakar dan udara yang dikirim ke ruang bakar, dimana semakin cepat putaran mesin, akan berbanding lurus dengan tenaga motor yang dihasilkan. Sehingga pengaturannya jumlah bahan bakar dan udara tergantung dengan sedikit atau banyaknya putaran gas tangan dibuka.

BACA JUGA..  AMPI Sumut Gelar Musda ke VII di Le Polonia Hotel

Baiknya, aturlah bukaan gas dengan menarik gas dengan lembut, dan hindari membuka gas terlalu besar lalu mengeremnya, karena hal tersebut dapat membuat bahan bakar yang dikirim ke tenaga putar menjadi sia-sia. Selain itu upayakan motor bergerak dengan kecepatan yang sesuai dan konstan saat melaju di jalan raya, dan kenali seberapa besar bukaan gas yang sudah cukup untuk menggerakkan motor.

Erwin Chandra menambahkan, kemudahan dalam mengukur serta mengatur penghematan penggunaan bahan bakar dalam penggunaan sepeda motor sehari-hari didukung oleh fitur yang ditawarkan sepeda motor. Misalnya dapat ditemui pada Honda BeAT eSP dan Honda Scoopy  dan yang memiliki fitur Indikator ECO. Dimana Indikator ini terdapat di area speedometer dan dilengkapi dengan lampu yang menandakan kondisi berkendara. Lampu indicator berwarna hijau yang menyala terang menandakan kondisi berkendara paling hemat. Dan pada All New Vario 125, 150, PCX 150 dan ADV 150 di speedometer dilengkapi fitur berupa bar aktual konsumsi bahan bakar dan juga Average/rata2 konsumsi bahan bakar. (ril/bdh)