MANDIRI SYARIAH

DPRD Medan Cecar Kadis Kebersihan dan Pertamanan Soal Sampah

oleh -98 views

EPAPER

POSMETROMEDAN.com –  Komisi IV DPRD Medan mencecar kinerja Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Husni soal buruknya penanganan sampah.

Ketua Komisi IV DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak menyoroti dugaan kebocoran penggunaan anggaran perawatan mobil truk sampah dan penggunaan minyak.

“Biaya perawan mobil truk sebesar Rp 15 Miliar untuk Tahun 2021 sungguh besar sekali. Kita sangat meragukan penggunaan anggaran ini,” tuturnya.

Begitu juga penggunaan minyak truk yang diduga sarat penyimpangan ikut menjadi sorotan. “Saya akan ikuti dan tetap perhatikan realisasi penggunaan anggaran ini. Tahun sebelumnya, penggunaan nomenklatur ini banyak menjadi sorotan,” imbuh Paul.

BACA JUGA..  Ketua KNPI Kota Medan Apresiasi Pelantikan Walkot Kota Medan

Sorotan yang sama juga disampaikan anggota Komisi IV Edwin Sugesti Nasution, dikatakan, pengangkutan sampah dari lingkungan warga sangat lambat hingga berhari hari. Sehingga sampah menumpuk dan membusuk menimbulkan aroma bau.

“Seharusnya Kadis musti tahu skala prioritas. Penanganan sampah harus diutamakan ketimbang pengadaan taman. Sehingga anggaran penambahan becak sampah dapat ditambah dan mengurangi anggaran pengadaan taman,” pungkasnya.

BACA JUGA..  Program 100 Hari Pertama Bobby-Aulia, Pengendalian Covid-19 dan Banjir Jadi Fokus Utama

Begitu juga dengan anggota Komisi IV Sukamto mepertanyakan perolehan realisasi PAD dari retribusi sampah. Sukamto menuding banyak kebocoran dan pengelolaan tidak maksimal. Sepatutnya, perolehan teribusi sampah bisa lebih maksimal dengan mengantisipasi kebocoran ke tangan oknum tertentu.

“Banyak potensi PAD dari retribus sampah  di komplek perumahan yang tidak maksimal masuk PAD. Ini harus menjadi perhatian DKP,” pinta Sukamto.

Menanggapi kritikan dewan, Kepala DKP M Husni terkait penggunaan anggaran Rp 15 Miliar akan diupayakan maksimal. Besarnya anggaran biaya perawatan untuk truk sampah dengan alasan umur truk sudah tua. Sedangkan potensi retribusi sampah dari komplek perumahan akan menjadi perhatiannya.

BACA JUGA..  Pemko Medan Gelar Aksi Pariwisata Rapid Test Swab Antigen

Kunjungan Komisi IV DPRD Medan dipimpin Ketua Komisi Paul Mei Anton Simanjutkan didampingi Wakil Ketua D Eka Suranta Meliala, Sukamto, Edwin Sugesti, David Roni Ganda Sinaga, Dedy Akhsyari Antonius Tumanggor, Renville Napitupulu, M Rizky Nugraha dan Syaiful Ramadhan. (bhd/ali)