KPU Binjai Sosialisasi Pilkada ke Warga Disabilitas

oleh -330 views

POSMETROMEDAN.com – Beragam cara Relawan Demokrasi Komisi Pemilihan Umum (Relasi KPU) Kota Binjai menyampaikan informasi tentang Pemilihan Kepala Daerah 2020 yang jatuh pada Rabu (9/12) mendatang. Kali ini, sosialisasi dilakukan Relasi gabungan dari sejumlah basis.

Mulai dari basis komunitas, kebutuhan khusus dan warganet. Relasi Basis Disabilitas, Haris Affandy menjelaskan, sosialisasi menyasar kepada kelompok warga yang tidak mampu mendengar atau tuli.

Dia mengucapkan puji syukur atas sosialisasi yang dilakukan berjalan lancar. Sosialisasi dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

BACA JUGA..  Tinjau Kesiapan Pilkada Binjai, Ketua KPU Sumut Pesankan Netralitas

“Setelah sosialisasi baru kami mengajak para warga tuli untuk melakukan permainan komunikata,” kata dia, Minggu (1/11).

Sosialisasi yang dilakukan Relasi basis gabungan bersama Ega, seorang guru di Sekolah Luar Biasa. Karenanya, sosialisasi berjalan lancar karena dipandu Ega.

“Permainan komunikata ini seperti berbicara dengan menggerakkan jari. Kami dipandu Ibu Ega, makanya pesan yang disampaikan diterima,” sambung dia.

BACA JUGA..  Debat Ke-2, Soekirman Sayangkan Paslon 1 Tak Bisa Jawab Soal Gini Ratio

Suasana sosialisasi terlihat mengalir. Setelah permainan komunikata, Relasi basis gabungan menyerahkan satu buah bola voli.

Akhirnya, sosialisasi ditutup dengan pertandingan persahabatan voli antara Relasi dengan warga tuli. “Ibu Ega merupakan penerjemah kami,” kata dia.

“Komunitas warga tuli sangat senang atas sosialisasi yang dilakukan KPU Binjai melalui kami. Mereka senang dilibatkan langsung dalam sosialisasi tersebut. Mereka berharap, mudah-mudahan tak pernah luput berinteraksi kepada mereka untuk memberikan informasi tentang Pemilu,” tambah dia.

BACA JUGA..  Miss Grand Internasional Semangati Warga Korban Puting Beliung

Sementara, Ketua Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Binjai, Robby Effendi mengingatkan kepada masyarakat umum maupun insan jurnalis tentang lomba karya tulis dan kompetisi virtual art yang sebentar lagi akan berakhir masa pendaftaran.

“Kepada masyarakat yang berminat mengirimkan karya terbaiknya, segera. Jangan ditunda lagi. Sebab, pendaftaran berakhir pada awal November 2020 ini,” pungkasnya. (ril/tob)