Pjs Bupati Asahan Dikabarkan Diganti

oleh -77 views
MULYADI SIMATUPANG

POSMETROMEDAN.com – Pemerintahan di Pemkab Asahan kini diterpa kabar pergantian Pjs Bupati. Rencana pergantian ini disebut sebut dilatarbelakangi kondisi kesehatan Basarin Yunus Tanjung, Pjs Bupati saat ini.

Basarin diketahui dilantik sebagai Pjs Bupati Asahan pada Jumat (25/9/2020) lalu. Hanya saja, sejak dilantik, yang bersangkutan tidak bisa bekerja penuh karena harus menjalani isolasi mandiri.

Dan guna menjalankan roda pemerintahan, Basarin menunjuk Pj Sekda Pemkab Asahan, Jhon Hardi Nasution sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Asahan. Hal itu tertuang dalam Surat Tugas Nomor 100/879 yang ditandatangani langsung oleh Basarin pada 28 September 2020.

BACA JUGA..  Bupati Deliserdang Terima Ratusan Juta Dana CSR dari 6 Perusahaan

Dikonfirmasi mengenai adanya informasi pergantian Pjs Bupati Asahan, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Asahan Rahmat Hidayat Siregar mengaku belum ada menerima salinan SK dari Pemprov Sumut.

“Kami masih menunggu. Karena SK kan dari Gubernur, belum ada kami terima juga,” sebut Rahmat, Rabu (14/10/2020).

Begitu juga ketika ditanya mengenai sosok nama yang bakal menggantikan Basarin, Rahmat mengaku belum bisa memastikan sampai adanya surat resmi dari Pemprov Sumut. “Jadi kalau kepastiannya kami tunggu dari Pemprov,” ujarnya.

BACA JUGA..  Tingkatkan Produksi Sawit Petani, PT LNK Salurkan Bantuan Pupuk dan Pendampingan

Ia pun berharap bahwa Basarin selaku Pjs Bupati Asahan dapat segera dinyatakan sehat kembali, sehingga bisa memimpin Pemkab Asahan. “Plh Bupati bertugas sampai beliau (Basarin) dinyatakan fit,” pungkasnya.

Sementara itu beredar kabar bahwa Basarin Yunus Tanjung digantikan oleh Mulyadi Simatupang, yang diketahui menjabat sebagai Kadis Kelautan dan Perikanan Sumut.

Diketahui, penunjukan Pjs Bupati Asahan dilakukan Gubernur Sumut, lantaran Bupati Asahan tengah cuti kampanye selama 71 hari, sejak 26 September 2020 lalu.(*/ras)