HUT NAGAN RAYA

Jelang Pendaftaran Karo Jambi Meninggal, Putrinya Jadi Pengganti

oleh -178 views
MAKAM: Beberapa kerabat menyiapkan pemakaman Karo Jambi. (IST/POSMETRO MEDAN)

POSMETROMEDAN.com – Kabar duka datang dari Tanah Karo. Salah satu tokoh masyarakat terbaik Bumi Turang itu meninggal dunia.

Dia adalah DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti.

Ironisnya, mantan Bupati Karo periode 2011-2014 tersebut berpulang beberapa jam sebelum mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati.

Sebagaimana diketahui, Karo Jambi diusung tiga partai dalam perhelatan Pilkada pada Desember 2020 mendatang.

Sebagai penggantinya dalam Pilkada nanti, partai pengusung menunjuk Putri Sulung Karo Jambi.

Sang putri dimaksud yakni Yus Felesky Surbakti.

Berdasarkan amatan wartawan, Yus – Paulus (Calon Wakil Bupati) bersama rombongan tiba di KPU didampingi tiga partai pengusung.

Sebelum memasuki ruangan, pasangan bacalon dan rombongan menggelar doa bersama di halaman kantor.

Turut hadir diantaranya, Plt. Ketua DPD Partai Demokrat Sumut Drs. Herri Zulkarnaen, Osaka Hendra Ginting (Bendahara DPW PAN Sumut).

Kemudian, Ferianta Purba SE (Ketua DPD Partai Golkar Karo) dan Firman Firdaus Sitepu SE (Sekretaris), M. Rapi Ginting SE (Ketua DPD PAN Karo).

BACA JUGA..  Keluarga Unjuk Rasa, Minta Kapolda Usut Kematian Ginting

Selanjutnya, Masdar Limbong (Plt. Ketua DPC Partai Demokrat Karo), Nora Else br Surbakti (anggota DPRD Karo) serta puluhan simpatisan.

PENDAFTARAN: Putri Karo Jambi mendaftar ke KPU Karo didampingi beberapa tokoh.

Dalam kesempatan ini, pasangan Yus – Paulus disambut Ketua KPU Karo Gemar Tarigan ST bersama anggota, seperti tiga pasangan bacalon yang mendaftar sebelumnya.

Proses pendaftaran tetap menerapkan disiplin protokoler kesehatan Covid-19. Keduanya terlihat mencuci tangan, menjalani pemeriksaan suhu tubuh, dan registrasi pendaftaran.

Di ruang rapat pleno, pasangan Yus – Paulus melakukan pendaftaran.

Selanjutnya, anggota tim pemenangan pasangan dari DPD PAN Karo, Darwati br Barus menyerahkan berkas pencalonan pasangan bacalon kepada Ketua KPU Gemar Tarigan ST.

Hingga berita ini dilansir, proses pendaftaran pasangan Yus – Paulus masih berlangsung. KPU Karo masih melakukan pemeriksaan berkas pencalonan keduanya.

Informasi diperoleh, almarhum meninggal dunia karena sakit jantung dan sempat dirawat di RS Columbia Asia Medan.

BACA JUGA..  Siantar Heboh! Jenazah Perempuan Dimandikan 4 Pria

Mantan Bupati Karo periode 2011-2014 ini menghembuskan nafas terakhir pada hari Minggu (6/9/2020) subuh.

Kerabat almarhum Darma Surbakti, menjelaskan beberapa tahun terakhir almarhum sudah dua kali berobat ke Malaysia untuk memeriksakan jantungnya.

“Memang sudah lama sakit jantungnya, sudah dua kali ke Penang untuk pasang ring jantung. Tapi sekitar tiga hari itu kambuh, makanya dibawa ke Medan tapi tadi malam kami dikabarin sudah meninggal,” ujar Darma.

Setelah dinyatakan meninggal, keluarga membawa jenazah almarhum Karo Jambi untuk dimakamkan di kampung tumbuh besar almarhum di Dusun Ujung, Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpangempat.

Pemakaman dilakukan sesuai dengan anjuran dari pemerintah, pemakamannya dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

Hal ini juga dikuatkan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dr Aris Yudhariansyah.

Disebutkannya, dirinya mendapat kabar bahwa Karo Jambi dikebumikan sesuai protokol Covid-19.

BACA JUGA..  Dibegal, Ibu Muda Tewas Dihantam Batu, Jasad Ditutupi Pelepah Sawit

“Sudah dimakamkan di Simpang Empat Karo sekitar pukul 07.00 WIB tadi. Dia dimakamkan dengan protokol Covid,” ujarnya, Minggu (6/9/2020) sore.

Namun, Aris tidak menjelaskan secara detail apa diagnosa dari Kena Ukur Karo Jambi Surbakti.

Aris hanya mengatakan, kalau pemakaman sesuai protokol Covid-19, diagnosanya bisa saja termasuk kasus suspek, probable, atau konfirmasi positif Covid-19.

“Kasus meninggal almarhum, juga bukan ditangani oleh GTPP Kabupaten Karo, melainkan GTPP Kota Medan. Sebab, almarhum Kena Ukur Karo Jambi Surbakti selama ini tinggalnya di kawasan Padang Bulan, Medan. Untuk tracing juga akan dilakukan oleh Gugus Tugas Medan,” jelasnya.

Untuk diketahui, almarhum Karo Jambi merupakan mantan Bupati Karo periode 2011-2016. Namun, pada tahun 2014 lalu almarhum dinyatakan dimakzulkan dari jabatannya sebagai bupati, yang akhirnya digantikan oleh wakilnya saat itu Terkelin Brahmana.(mrk/ras)