PERUMAHAN WEB

Hadirkan UMKM Binaan, KAI Divre I Sumut Meriahkan Festival Jelajah Kuliner Nusantara

oleh
Para pelaku UMKM menjajakan produk makanannya di acara Festival Jelajah Kuliner Nusantara. (ist)

Posmetromedan.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara turut memeriahkan Festival Jelajah Kuliner Nusantara di Lotte Grosir, Kota Medan pada Jumat (31/5) sampai Minggu (2/6).

Acara Jelajah Kuliner Nusantara dengan tagline “Petualangan Kulinermu Dimulai dari Sini” ini sebelumnya juga telah sukses digelar di Kota Bandung pada Jumat (24/5) sampai Minggu (26/5) yang lalu, dan merupakan hasil kolaborasi antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan Kementerian BUMN serta sejumlah BUMN lain yang bertujuan untuk menghadirkan keautentikan sajian kuliner khas Nusantara dan menciptakan pengalaman kuliner yang tidak terlupakan bagi masyarakat.

“Selain dapat meningkatkan omzet bagi para UMKM, kegiatan Jelajah Kuliner Nusantara ini juga dapat memperkenalkan produk UMKM ke cakupan yang lebih luas. Melalui kegiatan ini, KAI mendorong minat masyarakat agar berbelanja produk yang dihasilkan oleh UMKM sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian Nasional,” ungkap Manager Humas KAI Divre I Sumut Anwar Solikhin.

Pada festival Jelajah Kuliner Nusantara tersebut, KAI Divre I Sumut menghadirkan 9 UMKM binaan yang produknya dapat dinikmati para pengunjung sambil menikmati hiburan yang menampilkan pertunjukan musik oleh artis nasional Idgitaf dan Stevan Pasaribu, serta penampilan musik tradisional Batak Karo yaitu Kulcapi dari Jacky Sembiring dan penampilan memasak secara langsung dari Yulita Master Chef Indonesia Season 5.

BACA JUGA..  Telkomsel Luncurkan MyTelkomsel Super App  

Adapun 9 UMKM binaan KAI Divre I Sumut diantaranya yaitu Rumah Kreashie (Siomay), Vienskitchen (Nasi Soto Medan, Mie Balap Medan, Naniura, Lappet Pulut, Pohul Puhul, Big Manggo), Dapur Mama Zabdan (Rujak Serut, Minuman Lime Kestury, Keripik Kentang Kriuk, Kentang Mustofa), Takoyaki Ajiiib (Takoyaki), Warung Qu (Korean Snack), AR Juice dan Pop Ice (Produk Fresh Drink), Ma’rie Fruit Salad (Salad Buah), ROWTEA (Ice Cream, Es Teh Dumbo, Peyek) dan She Manis (Jus Buah, Thai Tea Greentea, Smoothies, Buah Potong, Salad Buah, Salad Roll).

“KAI berkomitmen untuk terus mendorong para pelaku UMKM agar dapat naik kelas. Pada periode tahun 2021 hingga 2024, KAI Divre I Sumut telah menyalurkan bantuan kepada para UMKM binaan senilai Rp320.000.000,” kata Anwar.

Anwar menambahkan, guna meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan jasa angkutan kereta api sekaligus menyukseskan event Jelajah Kuliner Nusantara, KAI Divre I Sumut juga memberikan diskon tarif tiket KA Sribilah Utama sebesar 10%.

Pembelian tarif diskon ini hanya dapat dilakukan di booth KAI selama acara berlangsung pada tanggal 31 Mei hingga 2 Juni 2024 dan berlaku untuk keberangkatan sampai dengan H-45. Tarif diskon ini tidak berlaku reduksi (kecuali reduksi infant) serta tidak berlaku tarif khusus dan/atau diskon lainnya. Bagi pelanggan yang membeli tiket dengan tarif diskon ini juga dapat melakukan pembatalan dan ubah jadwal sesuai aturan yang berlaku di KAI.

BACA JUGA..  Utang Indonesia Naik jadi Rp 6.577,8 Triliun

“Diharapkan melalui promo ini, mampu meningkatkan animo masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan selamat,” kata Anwar.

 

Pengembalian Dana Pembatalan Tiket jadi Maksimal 7 Hari

Guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, mulai 1 Juni 2024 KAI memberlakukan ketentuan baru pengembalian dana pembatalan tiket KA Antar Kota. Untuk pengembalian dana tiket yang dibatalkan atas permintaan penumpang (cancel passanger) kini dilakukan paling lambat 7 hari setelah tanggal pembatalan. Sebelumnya, batas waktu pengembalian bea tiket yang dibatalkan atas permintaan penumpang yaitu 30 hingga 45 hari.

“Perubahan ketentuan batas waktu pengembalian bea tiket tersebut guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Dengan mempercepat proses pengembalian dana, KAI berharap dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dan memuaskan bagi para penumpang setianya,” kata Anwar.

Untuk memudahkan proses pengembalian dana, KAI menyediakan beberapa metode. Dana bisa dikembalikan melalui transfer ke rekening bank atau e-wallet penumpang. Ini memberikan kemudahan dan kecepatan bagi penumpang yang menggunakan layanan perbankan atau dompet digital.

Bagi penumpang yang belum memiliki rekening bank atau e-wallet, KAI juga menawarkan solusi sementara berupa pengembalian dana secara tunai. Pengembalian tunai ini dapat dilakukan di stasiun-stasiun tertentu yang telah ditetapkan oleh KAI, paling lambat 7 hari setelah tanggal pembatalan.

BACA JUGA..  Sektor Jasa Keuangan di Sumut Tumbuh Stabil

Selain itu, KAI juga mengatur pengembalian dana untuk KA Perkotaan yang dikelola oleh KAI induk (bukan anak perusahaan). Pengembalian dana dilakukan secara tunai paling lambat 7 hari setelah tanggal pembatalan. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa semua penumpang, baik pengguna KA Antar Kota maupun KA Perkotaan, mendapatkan layanan yang cepat dan efisien.

Sementara itu, proses pembatalan tiket dapat dilakukan pada aplikasi Access by KAI dan loket stasiun yang melayani pembatalan tiket, dengan biaya administrasi sebesar 25% per tiket yang dibatalkan. Penumpang dapat membatalkan tiket di Access by KAI selambatnya 2 jam sebelum keberangkatan KA, atau di loket stasiun selambatnya 30 menit sebelum keberangkatan KA.

Adapun stasiun-stasiun yang melayani pembatalan tiket KA di wilayah Divre I Sumut sebagai berikut :
– Stasiun Medan
– Stasiun Kisaran
– Stasiun Rantauprapat
– Stasiun Siantar
– Stasiun Tanjung Balai
– Stasiun Tebing Tinggi

“KAI senantiasa berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggan dengan memberikan kenyamanan saat bertransaksi melakukan pembelian maupun pembatalan tiket KA serta tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api,” tutup Anwar. (ril)

Editor: Ali Amrizal