PERUMAHAN WEB

Polisi Pariwisata Polda Sumut Tingkatkan Pengetahuan Keamanan Objek Wisata ke Kanada

oleh
Polisi Pariwisata Polda Sumut mengunjungi Whistler dan Vancouver di Kanada.(HO/Bid Humas Poldasu for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Polisi Pariwisata Polda Sumut mengunjungi Whistler dan Vancouver dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam pengelolaan pariwisata dan keamanan.

Delegasi ini Dipimpin Wadir Pamobvit AKBP Yudhi Pinem untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang berlangsung selama enam hari di Kota Kanada.

Kapolda Sumut Irjen Agung Setya melalui Kabid Humas Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengatakan selama di Kanada delegasi mengunjungi Kantor Royal Canadian Mounted Police (RCMP) Whistler dan Kantor Resort Municipality of Whistler.

Mereka juga mempelajari struktur organisasi, standar operasional, serta kerjasama antara pemerintah, kepolisian, dan pengelola wisata dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Whistler.

“Delegasi juga bertemu dengan komunitas suku asli dan mempelajari peran RCMP sebagai penghubung antara pemerintah dan suku-suku asli. Selain itu, delegasi harus memahami prosedur patroli sky di Whistler Mountain untuk penyelamatan dan pemantauan keamanan,” katanya, Selasa (7/5).

Hadi mengungkapkan, delegasi juga mengunjungi Whistler Search and Rescue untuk uji coba peralatan dan teknologi SAR. Mereka melihat pendekatan kepolisian terhadap petugas keamanan internal objek wisata untuk memperkuat kolaborasi dalam pengamanan.

“Aktivitas patroli bersama dilakukan di Whistler untuk memahami praktek langsung dalam menjaga keamanan dan ketertiban di area pariwisata,” ungkapnya perjalanan studi ini tidak hanya memperluas wawasan delegasi, tetapi juga memperkuat kerjasama antar lembaga dan negara dalam bidang pariwisata dan keamanan.

“Nantinya Delegasi kembali ke Indonesia dengan pengetahuan baru yang akan mereka terapkan dalam menjaga keamanan dan memajukan pariwisata di Sumatera Utara,” ujar mantan Kapolres Biak Papua tersebut.

“Sumut memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa, kolaborasi kerjasama untuk mewujudkan Pariwisata Sumut sebagai pariwisata dunia harus terus dilakukan, dan keamanan menjadi salah satu syarat mewujudkan itu,” pungkasnya. (*)

Reporter: Oki Budiman
Editor: Maranatha Tobing