PERUMAHAN WEB

Pj Bupati Yakin Kolaborasi Kemendes Jadikan Langkat Lumbung Pangan Nasional

oleh
Pj Bupati Langkat M Faisal Hasrimy melakukan rapat capaian pengembangan potensi unggulan daerah, Kamis (16/5/24) di ruang rapat Setdijen PPDT Lantai 2 Gedung B, Kemendes PPDT, Jakarta Timur. (Posmetro)

POSMETROMEDAN.com- Pj Bupati Langkat M Faisal Hasrimy melakukan rapat capaian pengembangan potensi unggulan daerah.

Rapat ini guna mendukung ketahanan pangan nasional berlangsung di ruang rapat Setdijen PPDT Lantai 2 Gedung B, Kemendes Pengembangan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PPDT), Jakarta Timur, Kamis (16/5/2024).

Kemendes PPDT mendorong Kabupaten Langkat meningkatkan produksi padi, jagung dan kedelai melalui penerapan aplikasi pupuk MiGo.

BACA JUGA..  Sah...!!! Zudden Pimpin KORMI Langkat 4 Tahun ke Depan

MiGo itu sendiri mampu menghemat penggunaan pupuk 50 persen dari biasanya, dengan campuran urea, gula, air dan Bio P 2000 Z sebagai pupuk organik cair yang dapat meningkatkan produksi dari tanaman.

Kabupaten Langkat juga diperkenalkan dengan varietas padi baru bernama TRISAKTI, dimana varietas ini mampu menghasilkan gabah 9 ton per hektare dengan masa tanam dua bulan 15 hari.

BACA JUGA..  Update Stunting Dipaparkan Sekda Langkat di Rakor ILP

Kemendes juga menawarkan Pemkab Langkat melakukan kerjasama pembuatan demplot untuk ketiga komoditi pangan tersebut yang nanti akan disebarkan kepada seluruh petani Langkat.

Pj Bupati Langkat menyambut baik tawaran yang diberikan Kemendes itu.

“Potensi Kabupaten Langkat sangat besar, dimana memiliki lahan yang luas dan berpotensi untuk produktifitas ketiga tanaman tersebut,” ucapnya.

BACA JUGA..  Residivis Kambuhan Ditembak Polsek Medan Kota

Ia pun berharap untuk ke depannya Pemkab Langkat bersama dengan Kemendes PPDT bisa berkolaborasi, sehingga bisa berswasembada pangan dan tetap menjadi lumbung pangan di Sumut dan juga nasional.(*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Maranatha Tobing