PERUMAHAN WEB

Hadiri HUT Dekranas, Pj Bupati Perkenalkan Wisata & Budaya Langkat

oleh
Pj Bupati Langkat M Faisal Hasrimy & istri bersama rombongan mengikuti parade mobil hias, kriya, dan budaya peringatan HUT ke-44 Dekranas, Rabu (15/5/24) di Kota Solo, Jawa Tengah. (Posmetro)

POSMETROMEDAN.com- Tingkatkan kunjungan wisatawan, Pj Bupati Langkat M Faisal Hasrimy perkenalkan wisata dan budaya Langkat pada event nasional yakni perayaan HUT ke-44 Dekranas.

Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar parade mobil hias, kriya, dan budaya dari Stadion Sriwedari sampai Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/5/2024).

Peserta terdiri dari 38 provinsi memadati Jl Slamet Riyadi di peringatan HUT Dekranas 2024 yang memperebutkan piala Ibu Negara.

Tercatat sekitar 102 kendaraan mobil hias dari masing-masing Dekranasda kota/kabupaten/provinsi berpartisipasi dengan menghias sesuai potensi daerahnya.

Dari Sumut hanya diikuti empat daerah, yaitu Dekranasda Sumut, Kota Medan, Kabupaten Langkat, dan Dekranasda Kabupaten Padang Lawas.

Langkat sendiri menyiapkan satu unit mobil hias dengan tema wisata religi Masjid Azizi dan rumah suluk Tuan Guru Babussalam, juga alam wisata Bukit Lawang dan Tangkahan.

BACA JUGA..  Update Stunting Dipaparkan Sekda Langkat di Rakor ILP

Parade itu dilepas Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Peserta menempuh jarak 2,3 kilometer dimulai pukul 14.00 WIB sampai selesai. Defile peserta dengan mengenakan busana adat sekitar 2.000 orang, diikuti mobil peserta lomba, dan para pengurus PKK dari berbagai daerah.

Dekranas menyiapkan mobil angklung, musik, dan mobil Rajamala dengan melibatkan 150 penari dan pemusik.

Giat Dekranas ini mengusung tema “Tumbuh Bersama Memajukan Budaya Warisan Bangsa” dengan menggandeng 11 kementerian.

Tujuannya agar program pemerintah dapat diaplikasikan kepada para perajin di seluruh Indonesia.

“Mudah-mudahan Dekranas bisa membantu pemerintah meningkatkan ekonomi khususnya sektor kerajinan nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia,” harap Pj Bupati Langkat.

BACA JUGA..  Silaturahmi dan Sapa Warga di Kecamatan Padang Hilir, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Tekankan Perangkat Kecamatan Ketahui Keadaan Warganya

Sebelum di laksanakan kegiatan parade mobil hias, Dekranas melaksanakan syukuran dan pembukaan Expo HUT Dekranas di Alila Hotel Solo, Rabu (15/5/2024).

Hadir Ketua Dekranasda Langkat Uke Retno Faisal Hasrimy dan di dampingi Wakil Ketuanya, Rina Wahyuni Amril.

Pada peringatan syukuran HUT Dekranas di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah ini, Iriana Ibu Negara Iriana Joko Widodo datang sekitar pukul 09.00 WIB mengenakan busana kebaya berwarna oranye.

Beberapa istri pejabat juga datang mendampingi, di antaranya Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin dan Ketua Harian Dekranas Tri Suswati. Selain itu, hadir pula seluruh anggota OASE Kabinet Indonesia Maju.

BACA JUGA..  Pejabat Wali Kota Tebing Tinggi Pimpin Rapat Persiapan PPDB Online Tingkat SMP

Berikut Rangkaian HUT ke-44 Dekranas di Solo:
1. Syukuran dan pembukaan Expo HUT Dekranas di Alila Hotel Solo, Rabu (15/5/2024).
2. Parade mobil hias, kriya, dan budaya Dekranas di Stadion Sriwedari-Balai Kota Solo, Rabu (15/5/2024).
3. Peragaan busana kain nusantara di Taman Sriwedari, Solo, Rabu (15/5/2024).
4. Expo produk UMKM binaan Dekranas dan Dekranasda di Pamedan Pura Mangkunegaran, Rabu – Sabtu (15-18/4/2024).
5. Malam puncak HUT Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga di Pamedan Pura Mangkunegaran, Kamis (16/5/2024).
6. City tour di Kota Solo, Jumat (17/5/2024).
7. Acara penutupan HUT Dekranas di Pamedan Pura Mangkunegaran, Sabtu (18/5/2024).(*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Maranatha Tobing