Talent Scouting SMA Matauli, Bentuk Tanggung Jawab Yayasan untuk Anak Berprestasi di Sibolga-Tapteng

oleh
Ketua Umum Yayasan Matauli, Fitri Krisnawati Tandjung, bersama peserta seleksi PPDB jalur talent scouting. (Aris Barasa/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – SMA Matauli Pandan gelar seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur talent scouting (bakat dan prestasi) untuk tahun pelajaran 2024/2025.

PPDB jalur talent scouting ini merupakan yang kedua kalinya di SMA Matauli Pandan. Pertama dilaksanakan pada 2022 lalu dan berhasil menjaring 10 siswa terbaik asal Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga.

Ketua Umum Yayasan Matauli, Fitri Krisnawati Tandjung mengatakan, PPDB jalur talent scouting ini sebagai bentuk perhatian dan rasa tanggung jawab Yayasan Matauli dan SMA Matauli Pandan terhadap anak-anak Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga.

“Kita memiliki atensi khusus untuk Sibolga dan Tapteng. Kita perlu cara kreatif untuk mendapatkan talenta terbaik di sini yang bisa kita jaring lebih awal,” kata Fitri Krisnawati Tandjung di hadapan peserta seleksi, Kamis (16/11/2023).

Misinya adalah mencari talenta terbaik secara terus menerus dan bisa menghasilkan calon tokoh nasional di seluruh bidang. Terkadang, talenta itu seperti intan berlian yang terpendam, dan Matauli membantu mewujudkannya.

BACA JUGA..  Golkar Sibolga Buka Pendafataran Balon Wali Kota

Fitri Krisnawati Tandjung berharap, semakin banyak anak-anak Tapanuli Tengah, Sibolga yang bersemangat dan punya cita-cita ingin maju, jadi orang berprestasi, dan bermanfaat bagi banyak orang. Supaya Sibolga dan Tapteng makin keren, Sumut makin keren dan Indonesia makin keren.

“Itulah gunanya ada institusi pendidikan yang bagus di daerah. Untuk memajukan anak-anaknya, agar bisa meraih cita-cita. Nantinya akan kembali dan berbakti untuk negara dan daerahnya,”katanya.

Fitri Krisnawati Tandjung mengungkap, kalau sudah sampai di sini, berarti kalian adalah murid pilihan terbaik dari sekolah, mampu berkompetisi secara fair, terbuka untuk berada di salah satu SMA terbaik di Tapanuli, Sumut dan Indonesia.

“Kalianlah nanti yang menjadi calon pemimpin masa depan. Dan itu harus dimulai hari ini. Kalau kalian ingin melihat versi terbaik diri kalian dan memilih Matauli untuk membantu kalian meraihnya,” katanya.

BACA JUGA..  SDN 1 Semadam Tidak Layak Dipakai, Kadis Dikbud Agara Dianggap Lalai

Ia pun memuji kehebatan anak-anak Tapteng. Salah satunya, Oscar Rizky Pratama, alumni SMA Matauli Pandan yang diterima di Sekolah Pertambangan Colorado (Colorado School of Mines), Amerika Serikat lewat jalur Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

“Kita juga mendorong siswa lainnya untuk mencari beasiswa S1 ke luar negeri. Supaya anak-anak Tapteng dan Sibolga, dan juga Matauli semakin maju dan lebih mendunia,” katanya.

Kepada wartawan, Fitri Krisnawati Tandjung menjelaskan, PPDB jalur talent scouting ini dilakukan jauh lebih awal dari ujian masuk regular, dan dikhususkan bagi pelajar SMP sederajat di Sibolga dan Tapteng.

“Ada uji psikotes,dan uji skolastik yang dibuat oleh tim internal Matauli. Kita juga menyediakan kuota 10 kursi untuk siswa terbaik. Mereka akan sekolah di SMA Matauli Pandan tanpa biaya,” katanya.

Dia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengawal calon pemimpin masa depan ini dengan memberikan kesempatan terbaik bagi mereka. Agar nantinya mereka dapat mencapai cita-citanya.

BACA JUGA..  Kacabdisdik Apresiasi Kehadiran Pegawai di Hari Pertama Pasca Lebaran

“Semoga orang terbaik mendapatkan tempat yang terbaik juga,” Fitri Krisnawati Tandjung menambahkan.

Berdasar data yang diperoleh, ini kualifikasi calon siswa yang dicari, memiliki IQ dengan kategori superior, memiliki semangat juang yang tinggi (resiliensi), sehat jasmani dan rohani, memiliki sertifikat lomba prestasi, memiliki skor ITP TOEFL minimal 400.

SMA Matauli Pandan mengundang 127 SMP Negeri dan Swasta di Sibolga – Tapteng, sedangkan sekolah yang mengutus siswa terbaiknya mengikuti PPDB jalur talent scouting, SMPN 1 Pandan, SMPN 2 Pandan Nauli, SMPS Almuslimin Pandan, SMPN 1 Kolang, SMPN 1 Sirandorung, SMPN 2 Sosorgadong, SMPN 3 Sorkam Barat, SMPN 2 Pasaributobing, SMPN 1 Sibolga, SMPN 2 Sibolga, SMPN 3 Sibolga, SMPN 4 Sibolga, SMPN 7 Sibolga, SMPS Fatima Sibolga, SMPS Budayya Sibolga. (*)

Reporter: Aris Barasa
Editor: Maranatha Tobing