Kelima Kalinya Deliserdang Terima Penghargaan APE dari Kementerian PPPA

oleh -72 views

POSMETROMEDAN.com – Kelima kalinya Deliserdang berhasil menyabet penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) untuk kategori Madya (pengembang).

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan langsung meneriman penghargaan APE tahun 2020 yang diadakan secara virtual, bertempat di Aula Cendana Lantai II , Rabu (13/10/2021).

Seperti diketahui, Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG). Dimana, PUG merupakan indikator pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

BACA JUGA..  Karang Taruna Lau Tepu Simalem Bantu Korban Kebakaran di Langkat

Untuk Kabupaten Deliserdang, sudah kelima kalinya penghargaan APE tersebut diterima. Sebelumnya pada tahun 2012, 2014, 2016, 2018 dan yang terbaru pada tahun 2020.

Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyerahkan penghargaan APE 2020 yang digelar pada 2021 tersebut. Terdapat 13 kementerian/lembaga, 29 provinsi dan 266 kabupaten/kota yang menerima penghargaan.

Adapun Penghargaan APE yang diberikan setiap dua tahun sejak tahun 2006 merupakan ukuran untuk melihat kemajuan pembangunan yang berorientasi pada pembangunan berkeadilan gender.

“Penghargaan sebagai gambaran implementasi terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan oleh kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah atas usaha mereka melaksanakan strategi pengarusutamaan gender,” kata Ayu.

Pada kesempatan tersebut , Kadis Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (P2KB dan P3A) Deli Serdang Era Permata Sari SH, MM mengungkapkan, bahwa Kabupaten Deliserdang kembali mendapatkan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020 kategori Madya Ini dikarenakan komitmen Kabupaten Deliserdang dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Daerah.

BACA JUGA..  Buka Pintek Kesehatan Hewan, Darma Wijaya: Saya Juga Peternak

“Komitmen itu diwujudkan dengan mengikutsertakan pada kegiatan yang berada di OPD, disitulah nampak peran perempuan untuk senantiasa berkiprah dalam pembangunan Kabupaten Deli Serdang antara lain di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya maupun politik,” Kata Era Permatasari SH.

Lanjut Kadis P2KB dan P3A, berharap dan mudah-mudahan yang akan datang kita bisa meningkat menjadi kategori utama. Pemkab Deliserdang melalui Dinas P2KB dan P3A dan dibantu oleh Dinas-Dinas terkait akan terus berupaya mendorong keterlibatan perempuan dalam berbagai sektor agar komitmen pengarusutamaan gender tetap terjaga di Deliserdang, harapnya.

BACA JUGA..  BKKBN Sumut Sosialisasi Stunting di Binjai Timur

Hadir mendampingi Bupati pada kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Deli Serdang Ny. Hj. Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny. Hj. Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Herawati Darwin Zein, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Citra Effendi Capah, Kepala Bappeda Ir. Remus H. Pardede M.Si., Kadis P2KB dan P3A Era Permatasari  SH.,MM, Kadis Kominfo Dr. Dra. Hj. Miska Gewasari MM., Kadis Kesehatan dr. Ade Budi Krista, Kadis Koperasi dan UKM Dra.Hj.Rabiatul Adawiyah Lubis, M.Pd., Kabag Kesra Setdakab Mukti Ali Harahap S.Ag.,M.Si., dan Kabag Prokopim Setdakab M.Ari Mulyawan SH.,MAP. (asw)

EPAPER