Pakar Sumut Apresiasi 100 hari Kinerja Kapolri

oleh -97 views

POSMETROMEDAN.com – Dianggap sukses dalam penegakan hukum serta penanganan Covid-19 di Indonesia, kinerja selama 100 hari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo MSi patut mendapat apresiasi. Hal itu dikatakan Pakar Sumut, Dr Alpi Sapari, SH MHum, Jumat (21/5/2021).

“Salah satu kebijakan populis yang dilakukan pada fungsi reserse dengan mengedepankan mediasi dalam penanganan pelanggaran UU ITE,” terangnya kepada wartawan.

BACA JUGA..  Pembatasan Aktivitas Kegiatan Masyarakat di Deliserdang Wajib Dipatuhi

Dikatakan Alpi, Kapolri juga membuat kebijakan baru terkait e-tilang serta mendirikan Polsek baru yang mengedepankan prediktif dan reponsibilitas.

“Kebijakan Kapolri juga dijabarkan oleh Bareskrim Polri melalui Direktif Kabareskrim melalui pendekatan hukum progresif untuk mewujudkan Kamtibmas dan Kamdagri termasuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di masa pandemi covid-19,” jelasnya.

Lanjutnya, dengan kebijakan Kapolri tersebut juga diiringi dengan Polda Sumut yang bertindak cepat dan tegas dengan mengungkap kasus terkait swab di Bandar Kuala Namu Internasional Airpot (KNIA) beberapa waktu lalu.

BACA JUGA..  Satlantas Polres Sergai Tetap Semangat Edukasi Pengguna Jalan Raya

“Pimpinan Polri di Polda jajaran hari ini dan kedepan haruslah diisi dengan kepemimpinan yang humanis, beretika serta karakter pemimpin yang terbuka dan merangkul masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan stabilitas kamtibmas. Bukan karakter yang menutup diri institusi dari peran pentingnya masyarakat dalam wujudkan stabilitas Kamtibmas. Apalagi saat ini kita menghadapi era revolusi industri 4.0 yang mengalami kondisi volatility, uncertainty, complexity dan ambiguity,” pungkas akademisi ini. (gib)

BACA JUGA..  Kapolri Minta Warga Bandung Tetap Disiplin Prokes

EPAPER