MANDIRI SYARIAH

Hari Ini Akhyar Nasution Dilantik Jadi Wali Kota

oleh -319 views

EPAPER

POSMETROMEDAN.com –  Hari ini (11/2), Akhyar Nasution akan dilantik menjadi Wali Kota Medan definitif sisa periode 2016-2021 oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. Pelantikan direncanakan di rumah dinas Gubsu Jalan Sudirman.

“Rencananya begitu, sudah ada konfirmasi dari pihak Pemprovsu. Tapi jam berapanya belum diberi tahu,” ujar Akhyar saat ditemui di Balai Kota Medan, Rabu (10/2).

Politikus Partai Demokrat ini mengaku tidak memiliki persiapan apapun menjelang agenda pelantikannya. Apalagi masa jabatannya hanya tersisa beberapa hari. “Hanya dua hari jadi wali kota (hari kerja),” katanya.

BACA JUGA..  Dukung Perbup Protokol Kesehatan, Koramil Lubuk Pakam Giat Operasi Yustisi

Bersama Dzulmi Eldin, Akhyar mengaku dilantik pada 17 Februari 2016 lalu. Dengan begitu Selasa 16 Februari 2021 adalah hari terakhirnya bekerja. “Setelah dilantik hari kerjanya tersisa dua hari 15 dan 16 Februari,” terangnya.

Menjelang berakhir masa jabatan, Akhyar pun mulai berkemas-kemas. Sejumlah barang-barang pribadinya akan dibawa pulang ke rumah. “Mulai dipilah-pilih barang yang mau dibawa pulang,” ungkapnya.

BACA JUGA..  Diduga Korsleting, 3 Rumah di Medan Denai Terbakar

Diketahui Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, telah menandatangani keputusan pendefinitifan Akhyar Nasution sebagai Wali Kota Medan sisa masa jabatan 2016-2021.

Dengan begitu, pelantikan Akhyar Nasution yang saat ini menjabat Plt Wali Kota Medan itu, segera dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, atas nama Mendagri.

“Oh Pak Akhyar, SK-nya sudah keluar per tanggal 8, baru kami terima hari ini,” ujar Kepala Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut, Ahmad Rasyid Ritonga, kepada wartawan, kemarin (9/2).

BACA JUGA..  Polri Hentikan Penyidikan Kasus 6 Laskar FPI

Lalu kapan persisnya Akhyar dilantik? Menurut Rasyid Ritonga sedang dijadwalkan. “Jadi mungkin kita jadwalkan minggu ini pelantikannya,” jelasnya. (ali)