PERUMAHAN WEB

Pantur Banjarnahor Siap Bawa Humbahas Maju dan Sejahtera 

oleh
Pantur Banjarnahor, salah satu putra daerah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, bakal calon bupati Humbahas. (DS/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Pantur Banjarnahor, salah satu putra daerah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, yang ikut maju dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan diPpilkada 2024, ternyata tidak main-main.

Pantur, kelahiran tahun 1970, bahkan sudah memiliki delapan gagasan dengan konsep cara program kerjanya.

Selain, dia yang sudah melakukan komunikasi politik ke semua partai politik dengan telah mendaftarkan diri agar ikut penjaringan bakal calon Bupati Humbahas. Seperti, Golkar, Hanura, PDI Perjuangan, Gerindra, NasDem, Demokrat, PAN, PKB, dan PSI.

Komunikasi itupun dilakukanya, agar Pantur bisa meraih tiket pilkada 2024 hingga turun ke masyarakat.

Lantas, apa alasan Pantur ingin maju sebagai Calon Bupati Humbang Hasundutan pada Pilkada 2024 ini.

Di sopo Marpadot Desa Parsingguran Kecamatan Doloksanggul, Senin (13/5), Pantur menyampaikan ingin melanjutkan estafet pembangunan yang telah dimulai oleh para pemimpin sebelumnya, Bupati Dosmar Banjarnahor dan Maddin Sihombing.

Dengan bertekad ingin membawa perubahan yang nyata melalui serangkaian program inovatif. Dari membangun infrastruktur yang memadai, menguatkan ekonomi lokal, hingga memastikan akses pendidikan dan kesehatan yang merata.

Menurut dia, setiap dari program itu yang diambilnya diarahkan untuk mencapai Humbang Hasundutan yang lebih maju dan sejahtera.

“‘Dengan mengedepankan kepentingan masyarakat, kita telah merumuskan visi dan gagasan konkret dengan motivasi hidup yang menginspirasi “Marpadot Tu Hamajuon” yang mengajak semua elemen masyarakat untuk bersatu dan bertindak dengan tekad semangat dan keyakinan yang kuat untuk mencapai kemajuan di Humbang Hasundutan sesuai dengan Visi, yaitu Humbang Hasundutan Maju dan Sejahtera,” kata dia.

Salah satu prioritas utama dalam program Pantur adalah membangun infrastruktur unggulan. Pantur memahami bahwa infrastruktur yang baik adalah pondasi penting bagi kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Dengan keyakinan ini, ia bertekad untuk memperkuat pembangunan jalan, jembatan, dan transportasi guna mendukung pertumbuhan ekonomi serta memastikan akses yang lebih luas bagi seluruh masyarakat Humbang Hasundutan.

Pantur Banjarnahor menjelaskan bahwa dalam menjalankan programnya tersebut ia akan melakukan tahapan inventarisasi dan evaluasi kondisi infrastruktur jalan, jembatan, dan sarana transportasi lainnya secara menyeluruh dan merata. Kemudian perencanaan dan pelaksanaan proyek serta peningkatan infrastruktur akan dilakukan dengan mempertimbangkan prioritas kebutuhan, potensi ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Satu hal yang menarik dalam pemaparan Pantur, ia mengusung pemanfaatan teknologi modern dalam pembangunan infrastruktur guna memastikan efisiensi dan keberlanjutan.

BACA JUGA..  Pilkada Serentak 2024, KPU Sumut Butuh 25.059 TPS

Pantur juga memiliki gagasan yang kuat dalam mengembangkan sektor pertanian dan pangan. Ia percaya bahwa pertanian yang produktif dapat menjadi pendorong utama bagi kesejahteraan ekonomi lokal.

Untuk mewujudkan misi tersebut, Pantur menjelaskan bahwa ia akan mengadakan pelatihan dan memberikan bantuan teknis guna meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian.

Selain itu, ia akan mendorong diversifikasi produk pertanian dan pengembangan agribisnis lokal untuk menciptakan nilai tambah dan memperluas pasar. Dukungan infrastruktur dan akses ke pasar bagi petani juga akan disediakan untuk memastikan kestabilan harga jual produk pertanian yang lebih baik serta ketersediaan pangan yang cukup dan berkualitas bagi seluruh masyarakat.

Dorong Investasi dan Berdayakan Ekonomi Lokal

Pantur Banjarnahor memimpikan komunitas yang bersemangat dan makmur di Humbang Hasundutan. Untuk mewujudkannya, ia membuat program yang menarik dalam mendorong investasi dan memberdayakan ekonomi lokal. Dalam upayanya, Ia akan menciptakan peluang kerja, mengembangkan usaha kecil menengah, dan meningkatkan investasi demi kesejahteraan masyarakat.

Dalam langkah-langkahnya, Pantur akan membuka pintu bagi para pengusaha lokal dengan menyediakan berbagai fasilitas, termasuk membangun inkubator bisnis dan pelatihan kewirausahaan. Melalui kemitraan dengan sektor swasta dan lembaga keuangan, ia akan memudahkan akses permodalan bagi mereka yang ingin memulai usaha.

Tidak hanya itu, Pantur juga akan memberikan dukungan aktif kepada para pelaku usaha lokal dengan menyediakan pelatihan manajemen bisnis, bantuan pemasaran produk, dan kesempatan untuk menjalin koneksi usaha. Selain itu, kegiatan pameran dan pasar rakyat secara berkala akan diadakan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk lokal sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Langkah-langkah ini merupakan bagian dari upaya Pantur untuk menggerakkan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Humbang Hasundutan.

Pantur juga menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama dalam agenda pembangunannya. Ia percaya bahwa pendidikan yang berkualitas adalah kunci untuk menciptakan generasi masa depan yang kompeten dan berdaya saing tinggi. Pantur berkomitmen untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Humbahas.

“Fasilitas pendidikan yang sudah ada, yang membutuhkan renovasi harus kita renovasi. Memperluas infrastruktur pendidikan seperti membangun sekolah-sekolah baru juga saya rasa itu diperlukan”_, paparnya. Dalam programnya, Pantur juga akan melanjutkan program beasiswa dan pendidikan gratis bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu.

BACA JUGA..  Pasangan Salim Fakhry-Heri Al Hilal Minta Doa Restu Para Ulama

Selain memperhatikan fasilitas fisik, mendorong partisipasi aktif orang tua dalam pendidikan anak-anak juga akan dilakukan Pantur serta memperkuat program pendidikan inklusif bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Semua ini diprogramkan Pantur dengan tujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan yang lebih baik dan merata bagi seluruh masyarakat Humbang Hasundutan.

Pantur juga menaruh perhatian besar pada kesehatan masyarakat sebagai bagian integral dari Visi yang memotivasinya yaitu Humbang Hasundutan Maju dan Sejahtera. Dalam upayanya membangun kesehatan yang berkualitas, Pantur berkomitmen untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan di setiap kecamatan.

Tidak hanya membangun dan memperluas fasilitas kesehatan primer, namun juga menekankan pentingnya meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan dengan penyediaan pelatihan dan pengembangan profesionalisme.

Lebih dari itu, Pantur akan melakukan usaha terbaik untuk menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau namun tetap berkualitas, serta menginisiasi program pencegahan penyakit yang efektif.

Semua ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh masyarakat Humbang Hasundutan.

Tak kalah penting, Pantur juga mengusung gagasan untuk melakukan peningkatan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Ia meyakini bahwa pemerintahan yang baik adalah kunci untuk menciptakan keadilan dan kemakmuran bagi semua warga. Dalam program kerjanya, ia akan memperkuat sistem pelaporan dan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan daerah dengan fokus pada penguatan lembaga pengawasan internal dan eksternal untuk memastikan akuntabilitas yang lebih baik.

Selain itu, Pantur juga berkomitmen untuk meningkatkan transparansi dalam pengambilan keputusan publik dengan mengadakan pertemuan publik dan memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat. Gagasan ini juga mencakup upaya untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses pengambilan keputusan melalui forum dialog dan mekanisme lainnya.

Besar harapan Pantur untuk dapat terciptanya pemerintahan yang lebih berintegritas, transparan, dan bertanggung jawab kepada masyarakat.

Tidak hanya fokus pada pembangunan fisik dan ekonomi, Pantur juga memperhatikan pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan sebagai salah satu misinya dalam mewujudkan Visi Humbang Hasundutan Maju dan Sejahtera. Dengan mengutamakan perlindungan lingkungan alam, Ia berkomitmen untuk mempromosikan pembangunan yang berkelanjutan.

Dalam program kerjanya, Pantur akan melaksanakan rehabilitasi lahan terdegradasi dan program penghijauan untuk menjaga keberlanjutan lingkungan. Selain itu, ia akan mendorong penggunaan energi terbarukan dan praktik ramah lingkungan dalam aktivitas ekonomi dan pembangunan.

BACA JUGA..  KPU Deliserdang Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Pilkada 2024

“Apalagi nantinya kita akan tetap melibatkan masyarakat melalui program sosialisasi serta kampanye kesadaran lingkungan yang menjadi upaya kita untuk melestarikan lingkungan,” pungkasnya.

Hal ini diharapkan Pantur menjadi bagian penting dari upaya meningkatkan kualitas kelestarian lingkungan bagi generasi masa depan Humbang Hasundutan.

Dalam gagasannya yang terakhir, Pantur juga menegaskan pentingnya pemberdayaan sosial dan budaya dalam memajukan Humbang Hasundutan. Dengan menggalakkan kegiatan sosial dan budaya, ia bertujuan untuk memperkuat identitas dan kesejahteraan masyarakat di Humbang Hasundutan.

Promosikan Keanekaragaman Budaya

Dalam program kerjanya, Pantur akan mengadakan berbagai acara dan kegiatan budaya secara berkala, mempromosikan keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh masyarakat Humbang Hasundutan. Hal ini tidak hanya akan memperkuat rasa kebanggaan terhadap warisan budaya daerah, tetapi juga akan meningkatkan kesadaran akan pentingnya melestarikan identitas budaya lokal.

“Dengan daerah yang kaya akan adat dan budaya, terutama budaya suku Batak yang begitu kental, kita memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga dan memperkenalkan warisan budaya kita kepada dunia,” ujar Pantur dengan penuh semangat.

Dari semua program kerja yang dirancang Pantur Banjarnahor, lantas apakah makna sebenarnya dari “Marpadot Tu Hamajuon” yang selalu digaungkannya?

Pantur mengungkapkan bahwa tagline tersebut merupakan ajakan untuk menyatukan langkah dan bekerja keras membangun harapan serta meraih mimpi untuk tujuan kita bersama yaitu kemajuan Humbang Hasundutan.

Pantur Banjarnahor memandang masa depan Humbang Hasundutan dengan optimisme yang besar. Melalui serangkaian program kerja yang komprehensif, Pantur menyatakan bahwa Ia berkomitmen untuk membawa Humbang Hasundutan menuju arah yang lebih maju dan lebih sejahtera.

Namun, tantangan besar seperti ini tidak dapat diatasi sendirian. Oleh karena itu, Pantur menghimbau semua pihak, termasuk elit partai politik, untuk bergandengan tangan dalam mewujudkan visi dan misi demi kebaikan bersama. Ia juga menegaskan bahwa dukungan dari semua elemen masyarakat akan menjadi pondasi yang kuat dalam perjalanan kita menuju Humbang Hasundutan yang Maju dan Sejahtera.

“Kita harus bergandengan tangan dan bekerja bersama-sama untuk meraih masa depan Humbang Hasundutan yang lebih baik. Salam Marpadot Tu Hamajuon untuk Humbang Hasundutan Maju dan Sejahtera,” tegas Pantur mengakhiri. (*)

Reporter: DS
Editor: Maranatha Tobing