Peringati HKG PKK ke-52, TP PKK Medan Ikut Tanam Cabai secara Virtual

oleh
TP PKK Kota Medan ikut serta melaksanakan Gertam Cabai yang dilakukan serentak seluruh Indonesia secara Virtual dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 di tahun 2024. (Kominfo for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 di tahun 2024, TP PKK Kota Medan ikut serta melaksanakan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai yang dilakukan serentak seluruh Indonesia secara Virtual, Senin(4/3).

Gertam cabai ini dilakukan Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution diwakili Ketua I bidang Pembinaan Karakter Keluarga Ismiralda Wiriya Alrahman di Kelurahan Sempakata, Medan Selayang.

Kegiatan memperingati HKG PKK ke-52 yang dipusatkan di alun-alun Cirimekar, Cibinong, Kabupaten Bogor Jawa Barat ini dibuka oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo dan Istri Wakil Presiden, Wury Estu Handayani. Sebelum memulai gertam Cabai, Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyerahkan secara simbolis bibit cabai kepada penerima.

BACA JUGA..  Dewan Dukung Pemko Buka Seleksi Dirut PUD Pembangunan

Selanjutnya ibu Negara Iriana bersama Istri Wakil Presiden, Wury Estu Handayani dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) melakukan aksi menanam cabai sebagai tanda dimulainya Gerakan Tanam Cabai Nasional yang juga dilakukan secara virtual oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se-Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga melakukan penyerahan 1.300 paket sembako, tiga buah bantuan kursi roda, dokumen kependudukan, serta 500 buku resep kudapan tinggi protein secara simbolis. Kemudian acara juga dilanjutkan dengan penebaran 50.000 benih ikan di Situ Citata, peninjauan food truck, mobil ATI (Ahli Teknologi dan Informasi), rapid test keamanan pangan, serta penanaman tujuh benih pohon alpukat miki.

BACA JUGA..  HIPMI Sumut Optimis Bobby Didukung Koalisi Indonesia Maju di Pilgubsu

Sementara itu,TP PKK Kota Medan juga melaksanakan penanaman bibit cabai bersama anggota di lahan yang ada di Kelurahan Sempakata, Medan Selayang.

Ketua I bidang Pembinaan Karakter Keluarga Ismiralda Wiriya Alrahman menjelaskan, sesuai dengan arahan Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk stop boros pangan.

Maka, lanjut Ismiralda, TP PKK Kota Medan dibawah kepemimpinan Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution berharap kepada masyarakat untuk stop boros pangan. “Tentunya kegiatan menanam cabai yang dilakukan dalam rangka peringatan HKG ke -52 ini bertujuan untuk memperbaiki ekonomi keluarga”, jelasnya.

BACA JUGA..  Kader KOMDAM Sumut Perkuat Persaudaraan Pasca Pemilu

Menurut Ismiralda, kegiatan ini juga bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan tanam cabai kepada warga. Karena, cabai merupakan salah satu komoditas yang kerap berdampak pada terjadinya inflasi setiap tahun.

“Selain membantu menurunkan angka inflasi, gertam Cabai ini diharapkan juga dapat menjaga ketersediaan pangan keluarga, meningkatkan kualitas gizi masyarakat, menurunkan angka stunting dan angka kemiskinan,” ujarnya. (*)

Reporter: Ali Amrizal
Editor: Maranatha Tobing