PERUMAHAN WEB

Kadis Dikbud Agara Diduga Bekingi Kepsek SDN 1 Tualang yang Jarang Masuk Kantor

oleh
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tenggara, Zulkifli. (Ist/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) diduga backing Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 1 Tualang.

Diketahui dan tidak menjadi rahasia umum lagi, Kepsek SDN 1 Tualang Desa Rukahan, Kecamatan Deleng Pokhkisen, Zainul Amar, jarang masuk kantor.

Bahkan, saat Kadis Dikbud Agara Zulkifli melakukan sidak (5/3/2024) lalu ke sekolah tersebut, Zainul Amar tidak berada di sekolah. Saat itu alasan yang disampaikan salah satu guru disana, Kepsek mereka sedang keluar tanpa alasan yang jelas.

Tindakan Zainul Amar selaku pimpinan di swkolah dasar negeri itu, memang tidak layak dicontoh. Beberapa hari usai sidak Kadis Dikbud, wartawan Posmetromedan.com kembali mengunjungi sekolah tersebut.

BACA JUGA..  Satu Unit Rumah Terbakar

Dalam kunjungan kali ini, Kepsek bersangkutan juga tidak berada di sekolah. Dan, lagi – lagi oknum guru disana mengaku tidak mengetahui keberadaan pimpinannya.

Parahnya, sesuai data yang berhasil diperoleh Posmetromedan.com, Zainul Amar telah menandatangani buku absensi kehadiran sampai akhir bulan. Padahal, saat Posmetromedan.com berkunjung masih diawal bulan tepatnya pada 6 Maret lalu.

Temuan Posmetromedan.com tinfakan Zainur Amar yang telah memparaf absensi hingga akhir Maret, telah disampaikan kepada Zulkifli selaku Kadis Dikbud. Tapi hingga saat ini orang nomor satu di dinas pendidikan Aceh Tenggara itu tidak melakukan tindakan apapaun.

BACA JUGA..  Anak Wartawan Korban Pembakaran di Karo Lapor ke Pomdam I Bukit Barisan

Menyikapi perbuatan Kepsek SDN 1 Tualang dan pembiaran yang dilakukan Kadis Dikbud Agara, lembaga Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Aceh Tenggara buka suara. LIRA dengan tegas menyatakan bahwa Kadis Dikbud telah dengan sengaja melindungi Kepsek SDN 1 Tualang.

LIRA meminta Pj Bupati Aceh Tenggara menyikapi dan mengambil tindakan kepada Kadis Dikbud serta Kepsek SDN 1 Tualang. Tindakan Pj Bupati dirasa perlu karena ulah Kadis Dikbud dan Kepsek SDN 1 Tualang telah mencoreng dunia pendidikan di Kabupaten Aceh Tenggara.

“Bagaimana pendidikan di Agara mau maju kalau pemimpinnya saja melindungi anak buahnya yang nyata-nyata melakukan kesalahan,” ujar Bupati LIRA Agara, M Saleh Selian, Kamis (28/3/2024).

BACA JUGA..  Polisi 'Gulung' Pemilik Sabu

“Dan kita minta Pj bupati Agara segera memanggil kadis Dikbud untuk menjelaskan kenapa sampai sekarang tidak ada sangsi apapun yang di berikan Kepada kepsek SDN 1 Tualang. Kita juga minta bila ada temuan yang fatal menyalahi aturan kepsek harus ditindak atau copot dari kepsek bila melanggar,” harap Saleh.

Kesempatan memberikan keterangan terkait dugaan melindungi Kepsek SDN 1 Tualang, tidak pergunakan Kadis Dikbud, Zulkifli. Pasalnya, saat nomor HP nya dihubungi, tidak merespon. Bahkan pesan yang dikirimkan Posmetromedan.com tidak dibalas. (*)

Reporter: Safrizal
Editor: Maranatha Tobing