Angin Puting Beliung Terjang Aceh Tenggara

oleh
Salah satu rumah warga yang rusak diterjang angin puting beliung. (Safrizal/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Hujan yang disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah rumah warga di Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) rusak diterjang angin puting beliung.

Peristiwa itu terjadi di dua kecamatan Aceh Tenggara yakni Kecamatan Lawe Sumur dan Kecamatan Tanoh Alas sekitar pukul 16.45 WIB.

“Berdasarkan laporan dari tim, angin puting beliung merusak rumah di 7 desa, yang mengakibatkan atap rumah warga rusak,” kata Nazmi Desky Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, Kamis (28/3/2024).

BACA JUGA..  Polda Sumut Siagakan Tim medis Selama Pengamanan Lebaran

Namun demikian, dirinya belum bisa menyebutkan jumlah rumah yang rusak. Sebab, saat ini tim reaksi cepat dari BPBD Kabupaten Aceh Tenggara masih fokus melakukan evakuasi para korban bencana.

Nazmi mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun BPBD di Kecamatan Lawe Sumur bencana angin puting beliung itu terjadi di Tiga Desa yakni Desa Kisam Kute Rambe, Trt Megakhe Bakhu dan Lawe Polak.

BACA JUGA..  Anak dan Bapak Kompak Bacoki Jukir di Stabat

Sedangkan di Kecamatan Tanoh Alas ada Empat Desa yakni Desa Alur Nangka, Lawe Tungkal, Kute Stambul Jaya dan Khutung Belang.

“Bencana puting beliung itu dipicu oleh cuaca ekstrem yakni hujan deras disertai kilat dan angin kencang. Dalam peristiwa ini tidak ada menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka,” ungkap Nazmi. (*)

Reporter: Safrizal
Editor: Maranatha Tobing