PP Muhammadiyah Tetapkan Rektor UMSU Ketua Panitia Muktamar 49 di Medan

oleh
Peenetapan Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani MAP menjadi Ketua Panitia (OC) Muktamar disampaikan oleh Ketua PP Muhammadiyah Dr. Agung Danarto pada pertemuan konsolidasi antara PP Muhammadiyah, PP Aisyiyah, PWM dan PWM Sumut, serta utusan dari beberapa PDM dan PDA terdekat. Pertemuan berlangsung Jumat malam dan Sabtu pagi ( 16-17/2)

Posmetromedan.com – Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PPM) menetapkan Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani MAP menjadi Ketua Panitia (OC) Muktamar Muhammadiyah ke-49 di Medan yang akan berlangsung pada Tahun 2027 mendatang di Kota Medan.

Peenetapan Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani MAP menjad Ketua Panitia (OC) Muktamar disampaikan oleh Ketua PP Muhammadiyah Dr. Agung Danarto pada pertemuan konsolidasi antara PP Muhammadiyah, PP Aisyiyah, PWM dan PWM Sumut, serta utusan dari beberapa PDM dan PDA terdekat. Pertemuan berlangsung Jumat malam dan Sabtu pagi ( 16-17/2) kemarin di aula Gedung Rektor UMSU, Jalan Mukhtar Basri Medan.

Menurut Ketua PP Muhammadiyah, Agung Danarto, untuk pelaksanaan Muktamar nanti, Ketua PW Muhammadiyah Sumatera Utara, Prof. Dr. Hasyimsyah Nasution MA akan menjadi bagian dari Panitia Pusat (SC) yang mempersiapan materi-materi muktamar ke-49.

Pertemuan konsolidasi PP Muhammadiyah dan PP Aisyiyah dengan pimpinan PWM, PWA, PDM dan PDA dilakukan untuk mempersiapkan grand skenarion pelaksanaan Muktamar, yang menjadi perhelatan besar Muhammadiyah lima tahun itu.

BACA JUGA..  Minta Dukungan Pemuda, Rizky Yunanda Sitepu Pastikan Maju di Pilkada Langkat

Hadir di Medan pada pertemuan itu, tiga wakil ketua, Prof. Dr. Muhadjir Effendie, yang juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof. Dr. Dadang Kahmad, Dr. Agung Danarto dan Dr. Agus Taufiqurohman. Sedang PP Aisiyiyah langsung dihadiri Ketua Umum PP Aisyiyah Dr. Salmah Orbayinah dan Sekum PPA Dr. Tri Hastuti. Hadir lengkap unsur PW Muhammadiyah yang dipimpin ketuanya Prof. Dr. Hasyimsyah Nasution MA dan Ketua PW Aisyiyah Dr. Nur Rahmah Amini MAg. Hadir juga usur KSB (Ketua, Sekretaris dan Bendahara) dari PDM dan PDA Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Binjai, Langkat dan Tebingtinggi.

Dari unsur Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) hadir Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani dan para Wakil Rektor serta Pimpinan Fakultas.

Komitmen Muhammadiyah Sumut PP Muhammadiyah pada kesempatan itu menerima komitmen dari PWM, PWA, PDM dan PDA terkait suksesnya Muktamar. Ketua PWM Sumut, Prof. Dr. Hasyimsyah Nasution MA menegaskan komitmen Sumatera Utara untuk siap menyukseskan Muktamar.

BACA JUGA..  Pj Bupati Ajak HIPMI Kolaborasi Benahi Langkat

Sumatera Utara pernah menjadi tuan rumah Kongres Muhammadiyah pada tahun 1939 lalu, atau sekitar 80 tahun yang lalu. Dan penunjukan Sumatera Utara tentu saja disambut rasa syukur. Hal yang sama disampaikan Rektor UMSU Prof, Dr. Agussani MAP yang menyatakan kesiapan UMSU menjadi tuan rumah. Untuk itu, Agussani mengajak semua elemen Muhammadiyah di Sumatera Utara untuk dapat menyosong Muktamar ke-49 dengan gembira dan kekompakan.

Menyambut Muktamar ke-49 itu, UMSU mempersiapkan fasilitas baru yakni auditorium berkapasitas 6000 kursi yang rencananya Pelaksanaan pembangunan UMSU Tower dan Auditorium itu rencananya akan mulai dilakukan dua bulan ke depan.
Komitmen Aisyiyah, Terkait Muktamar ‘Aisyiyah ke-49, Ketua PP Aisyiyah Dr. Salmah Orbaiyinah menegaskan, bahwa sudah menjadi tradisi dimana ada Muktamar Muhammadiyah maka di situ akan berlangsung Muktamar Aisyiyah. Untuk itu, PP Aisyiyah juga menetapkan bahwa kota Medan ( Sumatera Utara ). Namun pada kesempatan itu tidak dijelasakan, apakah PP Aisyiyah akan menetapkan Panitia (OC) sendiri atau menjadikan panitia Muktarmar Muhammadiyah sebagai OC Muktamar Aisyiyah.

BACA JUGA..  Pj Bupati Minta Ada Bangunan Musala di Semua Sekolah di Langkat

Dr. Salmah Orbayinah pada kesempatan itu juga mendapatkan komitmen dari PW Aisyiyah, PD Aisyiyah se-Sumatera Utara.

Usai konsolidasi Muhammadiyah, dilanjutkan dengan Konsolidasi diperluas oleh PP Aisyiyah dengan Pimpinan Daerah Aisyiyah se-Sumatera Utara yang dilakukan secara hybrid (Offline dan Online) dari Kampus UMSU.

Dr. Tri Hartuti menjelaskan, Aisyiyah sebagai organisasi terbesar sudah memiliki pengalaman dalam melaksanakan perhelatan Muktamar. Komitmen yang disampaikan PWA dan PDA se-Sumatera Utara sangat membesarkan hati dan berharap Aisyiyah Sumatera Utara dapat bekerja secara maksimal.

REPORTER: Ali Amrizal

EDITOR: Ali AmrizaUMSHUMl