Pemko Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Forum Perangkat Daerah Kepegawaian

oleh
Kepala BKD dan PSDM Kota Medan Sutan Tolang Lubis saat memberikan masukan di acara Forum Perangkat Daerah Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Hotel Le Polonia Medan, Senin (19/2). (kominfo for posmetromedan.com)

Posmetromedan.comWali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan Ferri Ichsan membuka Forum Perangkat Daerah Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Hotel Le Polonia Medan, Senin (19/2).

Forum yang digelar Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD dan PSDM) Kota Medan sebagai upaya peningkatan kualitas SDM di lingkungan Pemko Medan.

“Peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu pilar utama yang harus diperhatikan secara serius. Oleh karenanya melalui forum ini, kita memiliki kesempatan untuk menyusun langkah-langkah konkret dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme SDM kita,” kata Ferri Ichsan menyampaikan sambutan tertulis Wali Kota.

Tidak hanya itu, kata Ferri, forum yang digelar BKD dan PSDM Kota Medan ini juga menjadi sarana bagi semua untuk mengembangkan kebijakan bersama dan berpihak kepada kepentingan masyarakat dengan saling mendengarkan dan memahami.

BACA JUGA..  Kunjungi Lapas I Medan, Stafsus Menkumham: Jangan Terima Pungutan Liar

“Kita dapat menciptakan regulasi yang lebih inklusif dan progresif,” ungkapnya.

Selain itu, Ferri juga menilai, forum ini akan menjadi ajang untuk menyelaraskan program-program pengembangan SDM yang telah dirancang oleh masing-masing perangkat daerah dengan menselaraskan visi, misi dan strategi. Kemudian, imbuhnya, menjadi momentum untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja SDM yang telah dilaksanakan melalui evaluasi yang berkelanjutan.

Dikatakan Ferri, melalui evaluasi akan dapat diidentifikasi kelemahan dan potensi yang ada, serta merumuskan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan guna meningkatkan kinerja dan capaian yang lebih optimal di masa mendatang.

“Saya yakin kita semua memiliki kesempatan dan tanggung jawab untuk berperan aktif dalam mewujudkan visi dan misi Pembangunan Kota Medan yang lebih baik, maju dan berdaya saing,” ungkapnya.

BACA JUGA..  Dinkes Medan Diminta Gencar Sosialisasikan Program UHC JKMB

Sementara itu Kepala BKD dan PSDM Kota Medan Sutan Tolang Lubis berharap kepada seluruh peserta yang hadir dalam forum tersebut, dapat memberikan masukan guna peningkatan kualitas SDM di lingkungan Pemko Medan. Selanjutnya, mantan Kabag Umum Setda Kota Medan ini menyampaikan peranan, tugas dan fungsi BKD dan PSDM Kota Medan.

Dikatakan Sutan, BKD dan PSDM merupakan perangkat daerah yang berperan sebagai unsur penunjang urusan pemerintahan di bidang kepegawaian. Sedangkan tugasnya, jelasnya, membantu Wali Kota Medan selaku Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah dalam menyelenggarakan manajeman ASN di lingkungan Pemko Medan.

BACA JUGA..  Dewan Harap Angka Pengangguran Kota Medan Menurun

Ada pun fungsi BKD dan PSDM, terang Sutan, yakni penyusunan kebijakan teknis kepegawaian dan pengembangan SDM; pelaksanaan tugas dukungan teknis kepagawaian dan pengembangan SDM; pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis kepegawaian dan pengembangan SDM.

“Serta pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi penunjang urusan pemerintah lingkup kepegawaian dan pengembangan SDM  berdasarkan atas Peraturan Perundang-Undangan dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Wali Kota terkait dengan tugas dan fungsinya,” jelas Sutan.

Saat ini, kata Sutan, jumlah ASN di lingkungan Pemko Medan sebanyak 13.381 orang. Dari jumlah tersebut, paparnya, ASN sebanyak 10.431 orang dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 2.950 orang. (*)

Reporter: Ali Amrizal
Editor: Maranatha Tobing