Kapan Shockbreaker Wajib Diganti, Ini Saatnya

oleh
Salah satu sepeda motor matic Honda. (Indako for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Shockbreaker menjadi salah satu bagian penting pada sepeda motor menjadikannya sebagai komponen yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Karena selain merupakan perangkat wajib yang berfungsi menjaga kenyamanan berkendara, terutama saat harus melewati jalan dengan permukaan penuh lubang, shockbreaker juga berkaitan langsung dengan kestabilan motor.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa berkendara dengan shockbreaker yang sudah mati bisa sangat berbahaya, karena  selain menurunkan performa kendaraan, kesehatan pengendara pun akan terganggu karena pinggang akan terasa sakit dan badan akan cepat merasa pegal saat berkendara.

Menurut Erwin Chandra, shockbreaker sendiri merupakan salah satu komponen dengan daya tahan cukup tinggi, dimana biasanya usia pakai shockbreaker tergantung pada penggunaan dan perawatan dari si pengendara sendiri. Bahkan terkadang usia shockbreaker ada yang bisa bertahan hingga 7 tahun. Ada beberapa cara yang dapat menjadi acuan untuk mengetahui apakah shockbreaker masih dalam kondisi baik.

Cara pertama, tekan setang motor ke bawah, perhatikan shockbreaker, jika pegas shockbreaker kembali dengan sangat cepat, artinya shockbreaker sudah mati atau rusak. Kedua, shockbreaker yang baik harus kembali secara pelan-pelan, dimana hal ini menunjukkan jika kompresi dalam shockbreaker masih sangat baik, belum terjadi kebocoran.

Selanjutnya cara ketiga, secara fisik, perhatikan seal shockbreaker depan. Jika terlihat ada rembesan oli, maka seal shockbreaker harus segera diganti. Sedangkan yang keempat, cobalah membawa motor melalui jalanan berlubang atau jalan bergeombang. Jika terdapat pantulan, artinya shockbreaker harus segera diganti. Makin banyak pantulannya, makin besar kerusakan dari shockbreaker.

Erwin Chandra menambahkan, untuk mendapatkan pengelaman berkendara yang aman dan nyaman, maka pastikan semua komponen pada motor dalam kondisi prima. Seperti halnya shockbreaker, dimana jika sudah waktunya diganti, segeralah bawa motor kesayangan ke bengkel AHASS untuk mendapatkan pelayanan servis terbaik dari ahlinya. (*)

Reporter: Budi Hariadi
Editor: Maranatha Tobing