PERUMAHAN WEB

Jaga Performa Motor, Pahami Apa itu Oil System Cleaner

oleh
Oil system cleaner merupakan oli yang menyempurnakan performa sepeda motor. (AHM for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Penggunaan pelumas merupakan hal yang penting untuk kendaraan bermotor. Selain untuk melumasi setiap komponen mesin yang saling bergesekan, penggunaan oli yang tepat juga membantu menjaga komponen mesin tetap terawat dan terjaga kondisinya.

Bahkan, untuk melengkapi kebutuhan perawatan mesin, maka Honda menyempurnakan kualitas perawatan dengan menghadirkan oil system cleaner yang berfungsi untuk menjaga kebersihan jalur pelumas mesin hingga kinerja mesin sepeda motor tetap dalam kondisi optimal.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Cy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa oil system cleaner ini dibutuhkan untuk menghindari atau membersihkan oil sludge atau endapan kotoran seperti bubur di dalam jalur pelumasan mesin yang sering disebabkan oleh kelalaian pengendara untuk rutin mengganti oli motor.

BACA JUGA..  City Rolling to Honda Premium Matic Day Hadirkan Pengalaman Berkendara Berkelas

Menurut Erwin ada beberapa penyebab terjadinya endapan kotoran di dalam jalur pelumasan mesin yang dapat menyebabkan keausan mesin prematur, mesin overheat, dan konsumsi bahan bakar meningkat. Seperti halnya tidak teratur mengganti oli, waktu penggantian berdasarkan rekomendasi jarak, sedangkan motor jarang digunakan, penyebab lainnya karena adanya kerusakan di speedometer, menggunakan oli berkualitas rendah, dan penambahan aditif oli yang tidak sesuai rekomendasi.

BACA JUGA..  Pesta Balap HDC 2024 Siap Kembali Manjakan Pecinta Balap Nasional

Jika motor mengalami endapan kotoran tersebut, maka disitulah peran oil system cleaner menjadi sangat penting. Dimana dengan kandungan powerful cleansing agent, maka oil system cleaner sangat bermanfaat untuk melarutkan endapan kotoran dalam jalur pelumasan mesin, membersihkan jalur pelumasan sehingga performa mesin kembali optimal, dan aman karena tidak mengandung zat yang dapat merusak bahan seperti karet.

BACA JUGA..  Sambangi ISRC, Pelajar SMKS Parulian 3 siap Sebarkan Pesan #cari_aman

Erwin Chandra menambahkan, untuk dapat #cari_aman di jalan, maka kondisi motor tetap optimal sangat dibutuhkan. Karena itu, sangat disarankan untuk mempercayakan perawatan motor kesayangan di bengkel resmi  AHASS yang akan ditangani oleh ahlinya. Selain menyediakan suku cadang yang digunakan 100% asli, pecinta motor Honda juga dapat menggunakan layanan booking servis dan layanan kunjung agar bebas antri. (*)

Reporter: Budi Hariadi
Editor: Maranatha Tobing