PERUMAHAN WEB

Cara Cerdas Pengendara Perempuan #cari_aman di Jalan

oleh
Seorang instruktur safety riding Indako Trading Coy sedang memberikan arahan kepada seorang perempuan cara aman berkendara. (Indako for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman, ternyata pengendara perempuan tidak hanya membutuhkan skill berkendara yang baik saja, namun harus perlu membekali diri dengan sejumlah penting seperti pengetahuan akan rambu-rambu lalu lintas, dan kemampuan untuk mengontrol emosi juga sangat dibutuhkan.

Eka Yolahati, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, saat ini masih banyak pengendara wanita yang melakukan pelanggaran saat berkendara dengan motor di jalan. Salah satunya terkadang pengendara perempuan menyalakan lampu sein sebelah kanan, namun ternyata Ia berbelok ke kiri, dan hal tersebut tentunya sangat berbahaya tidak hanya untuk dirinya, namun juga untuk pengendara yang lain.

BACA JUGA..  Puncak Perayaan HKG PKK Ke-52 Dihadiri Pj Wali Kota Tebingtinggi

Saat penegendara perempuan berada di tikungan, biasakan untuk memberikan lampu sein sesuai arah tujuan, dan mematikan kembali saat sudah melewatinya. Karena, salah menyalakan lampu sein itu bisa diawali karena lupa mematikan sein sebelumnya.

Cara cerdas #aman di jalan lainnya untu pengendara perempuan juga dapat dilakukan dengan selalu memastikan untuk menjaga jarak aman dengan pengguna jalan lain, dengan begitu berkendara akan jauh lebih aman karena memiliki jarak dan waktu yang cukup untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

BACA JUGA..  KPU Kota Binjai Akan Rekrut Pantarlih Pada Pilkada 2024, Ini Jadwalnya

Eka Yolahati, Instruktur safety riding Honda yang juga seorang wanita ini juga menambahkan, bahwa sebenarnya  tidak ada hubungannya antara pelanggaran lalu lintas dengan gender pengendara. Penting sekali untuk selalu waspada, karena potensi bahaya bisa muncul dari berbagai kondisi yang tidak bisa dikendalikan dengan baik.

Menurutnya, pengendara perempuan juga harus memiliki kemampuan untuk mengontrol diri secara emosional saat berkendara. Dimana selalu tanamkan dalam fikiran bahwa keselamatan, selalu berfikir positif, dan peduli dengan lingkungan sekitar saat di jalan merupakan hal yang sangat penting dilakukan.

BACA JUGA..  Rancangan Teknokratif RPJMD 2025-2029, Tantangan Besar Pemko Tebingtinggi

“Untuk #cari_aman di jalan, pengendara perempuan juga disarankan agar lebih banyak belajar mengenal fitur-fitur teknologi yang ada pada sepeda motor kesayangannya, sehingga dapat memanfaatkan dengan maksimal. Selain itu kesadaran untuk melakukan perawatan berkala di bengkel resmi AHASS  juga sangat mendukung tercipatanya #cari_aman di jalan dengan motor yang prima, “ ujar Eka Yolahati. (*)

Reporter: Budi Hariadi
Editor: Maranatha Tobing