Dinas Kominfo Kota Medan Gelar Pelatihan Cyber Security Fundamental

oleh
Dinas Kominfo Kota Medan berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar kegiatan peningkatan kompetensi sumber daya manusia Pemerintah Daerah melalui Pelatihan Cyber Security Fundamental bertempat di Aula Kantor Dinas Kominfo Medan, Selasa (24/10). (Kominfo for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Dinas Kominfo Kota Medan berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar kegiatan peningkatan kompetensi sumber daya manusia Pemerintah Daerah melalui Pelatihan Cyber Security Fundamental bertempat di Aula Kantor Dinas Kominfo Medan, Selasa (24/10).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Arrahmaan Pane diwakili Sekretaris Dinas Kominfo Kota Medan, M. Agha Novrian.

Dalam sambutanya, Agha mengatakan cyber security memiliki peran yang cukup penting pada saat sekarang ini. Dengan kemajuan teknologi informasi dan ketergantungan terhadap jaringan internet tentunya menimbulkan tantangan keamanan yang semakin meningkat. Untuk itu dinilai perlu adanya pelatihan Cyber Security Fundamental bagi ASN Pemko Medan.

BACA JUGA..  Ditegur Wali Kota Medan, Personel Dishub Cabut Laporan kepada Pedagang Martaba

“Dengan adanya pelatihan CSF ini memberikan pengetahuan bagi ASN terkait dengan keamanan digital di setiap Perangkat Daerah,”kata Agha.

Melalui pelatihan ini Agha berharap ASN Pemko Medan memiliki keterampilan dalam mendeteksi kerentanan sistem dan mengatasi terjadinya penyerangan cyber.

“Untuk itu para peserta pelatihan¬† diharapkan dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik,”harap Agha.

BACA JUGA..  PLN Cabut KWH Meter Pedagang Martabak di Jalan Gajah Madan

Sementara itu Ketua Rombongan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), M. Machbub Rochman dalam sambutan mengatakan kejahatan dunia cyber sampai saat ini masih terus terjadi dan menjadi ancaman serius bagi bangsa Indonesia. Setiap tahun jumlah kasus cyber terus bertambah yang memberikan dampak negatif bagi pemilik aset maupun instansi Pemerintah.

“Kasus yang marak terjadi adalah kebocoran data. Kasus ini membuat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap instansi Pemerintah mengalami penurunan,”ujar Machbub.

BACA JUGA..  Peringatan Hari Raya Waisak Pemko Medan, Bobby Nasution Ikut Pawai Lilin Bersama Umat Buddha

Untuk itu guna menyikapi berbagai ancaman cyber tersebut, maka keamanan cyber menjadi prioritas bagi BSSN agar dapat memberikan keamanan layanan data dan informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“BSSN akan selalu berupaya dalam mewujudkan keamanan cyber Indonesia,”pungkasnya.

Dalam pelatihan yang di ikuti oleh ASN di lingkungan Pemko Medan tersebut menghadirkan narasumber dari Widyaiswara Ahlimuda pada pusat pengembangan SDMBSSN diantaranya Budi Siswato,S.Kom.,M.Si, (han) dan Mora Hertanto Ritonga,S.ST.MT. (*)

Reporter: Ali Amrizal
Editor: Maranatha Tobing