Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Bersama Stakeholder Terkait Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Secara Virtual

oleh
Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. bersama stakeholder (pemangku kepentingan) terkait mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi secara virtual, Senin (4/9/2023) di ruang Kerja Wali Kota, gedung Balai Kota.
Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. bersama stakeholder (pemangku kepentingan) terkait mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi secara virtual, Senin (4/9/2023) di ruang Kerja Wali Kota, gedung Balai Kota.

Posmetromedan.com – Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. bersama stakeholder (pemangku kepentingan) terkait mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi secara virtual, Senin (4/9/2023) di ruang Kerja Wali Kota, gedung Balai Kota.

Rakor dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Jend.Pol.Purn. H. Muhammad Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta. Sedangkan secara virtual, diikuti Kepala Daerah Gubernur, Bupati dan Wali Kota bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dan TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) di wilayah masing-masing.

Pada kesempatan tersebut, Mendagri RI mengatakan bahwa tinjauan inflasi bulan Agustus dan Indeks Perkembangan Harga Minggu ke-5 Agustus 2023. Dimana inflasi pada bulan Agustus 2023, terjadi deflasi secara bulan ke bulan, tetapi inflasi tahun ke tahun mengalami kenaikan.

BACA JUGA..  Syaiful Kembali Maju Jadi Ketua Wartawan Pemko Medan

“Penyumbang inflasi pada Agustus 2023 terjadi pada sektor transportasi, akibat kenaikan harga BBM dengan inflasi sebesar 9,65 persen. Dan beras turut ambil andil menyumbang inflasi tertinggi dari seluruh komponen inflasi sebesar 0,05 persen,” jelas Mendagri RI.

Lanjut Mendagri RI, pemerintah akan memberikan atensi khusus sekaligus melakukan rapat terkait beras.

“Ini tahun politik, tadi demand akan beras mungkin akan naik. Ini mungkin kadang-kadang yang belum dihitung ya. Karena banyak bantuan-bantuan kepada masyarakat oleh kontestan dalam bentuk beras. Artinya di satu sisi demand akan tinggi tapi berasnya diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu. Bagus juga ada sisi yang lain yang bagus. Ini yang perlu kita hitung betul,” ujar Mendagri RI.

BACA JUGA..  Bupati Tandatangani MoU Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

Untuk diketahui, data inflasi di Kota Tebing Tinggi, berdasarkan website resmi BPS Kota Pematang Siantar, IHK (Indeks Harga Konsumen) Kota Tebing Tinggi mengikuti IHK Kota Pematang Siantar.

Pada bulan Agustus 2023, tingkat inflasi Kota Pematang Siantar bulan ke bulan (m to m) sebesar 0,11 % (persen) sementara inflasi tahun ke tahun (y to y) sebesar 3,88 % (persen).

BACA JUGA..  Pj Bupati Langkat Sidak ke Desa Tanjung Jati, Ini Pesannya

Turut hadir secara virtual, Danramil 13/ TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, Kadis Ketapang dan Pertanian Marimbun Marpaung, SP., M Si., Kadis Sosial Ir. Khairil Anwar, Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Zahidin, S.Pd., M.Pd., Kadis Perhubungan M. Guntur Harahap, S.STP., M.Si., Kabag Perekonomian dan SDA Ir. Nasrullah, perwakilan OPD terkait dan tim Aptika serta tim peliputan Diskominfo.

REPORTER: Ridwan Manurung
EDITOR: Mangampu Sormin