HMI Gelar Pelatihan Kepemimpinan, Syahrul: Persiapkan Diri Menghadapi Indonesia Emas 2045 

oleh
H Syahrul M Pasaribu menerima piagam penghargaan dari panitia pelatihan kepemimpinan (LKII) HMI Cabang Psp-Tapsel. (Amran Pohan/Posmetromedancom)

POSMETROMEDAN.com – Generasi muda harus mempersiapkan diri dan memanfaatkan bonus demografi dalam menghadapi Indonesia Emas 2045, demi terwujudnya kejayaan Indonesia diseluruh aspek kehidupan dimasa depan.

Hal ini diutarakan Tokoh Masyarakat Sumatera Utara (Sumut), Syahrul M Pasaribu, saat menjadi nara sumber pada kegiatan, pelatihan kepemimpinan LK II (Intermediate Training) yang digelar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Padangsidimpuan (Psp)- Tapanuli Selatan (Tapsel), Kamis (15/6/2023) di Hotel PIA, Psp.

“Generasi muda merupakan pewaris sekaligus pemegang estafet kepemimpinan, yang akan membawa daerah, bangsa dan negara menuju posisi yang lebih maju, jaya dan makmur, serta sejajar dengan Bangsa-bangsa maju lainnya,” ujar Syahrul, Penasehat KAHMI Sumut itu.

BACA JUGA..  Diduga Sebar Hoax, Oknum ASN Pemkab Simalungun akan Segera Dilaporkan

Disebut, bonus demografi merupakan suatu keadaan, dimana terjadi peningkatan penduduk sebuah negara pada usia produktif yaitu berkisar antara 16 hingga 64 tahun, yang pada tahun 2045 diperkirakan 70 persen dari seluruh penduduk Indonesia. Peningkatan tersebut diikuti pula dengan menurunnya angka kelahiran serta kematian.

Lantas, dengan meningkatnya jumlah penduduk usia produktif diperkirakan tepat saat kemerdekaan Indonesia berusia satu abad. Sehingga, momentum itu dapat digunakan untuk mengoptimalkan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat demi terwujudnya bangsa Indonesia yang masuk kategori negara maju.

BACA JUGA..  Pj Bupati Langkat: Tugas Utama Saya Mengentaskan Kemiskinan

“Tentu kita berharap, lewat pelatihan kepemimpinan ini, dapat meningkatkan kwalitas diri, serta dapat melahirkan generasi yang berkarakter pemimpin, dan siap memanfaatkan bonus demografi dimasa depan,” harapnya seraya menyebut, secara teknis, lewat perkaderan HMI itu, diharap membuka peluang, bagi kader HMI untuk  memiliki keterampilan dan profesionalisme dalam bidang manajerial, kepemimpinan, dan keorganisasian.

“Kepada adekku semua, tangkaplah materi yang diberikan pada pelatihan ini, dan implementasikan didalam kehidupan berorganisasi sesuai visi yang telah digariskan HMI, serta bertekadlah pendidikannya setinggi mungkin,” ajaknya.

BACA JUGA..  11 Kecamatan Selesai Perekapan Suara, Polres Karo Pastikan Logistik Aman sampai KPU

Usai memberikan materi pada pelatihan, Syahrul Pasaribu yang juga  Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Sumut itu yang sangat dekat dan akrab dengan berbagai elemen mastarakat, menerima piagam penghargaan dari panitia pelaksana.

Hadir juga mendampingi Syahrul M Pasaribu, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sumut, H Syamsul Qamar,  pelatihan dengan peserta 45 orang yang berasal dari Aceh, Sumut, Sumbar dan Kepri itu akhir berakhir Senin, 19 Juni mendatang. (*)

Reporter: Amran Pohan
Editor: Maranatha Tobing