Anggaran Pengerasan Jalan di Desa Teluk Panji IV Dipertanyakan, Warga Sebut Tidak Dikerjakan

oleh
Inilah Jalan potong/ gang RT 3-4 Dusun I, Desa Teluk Panji IV, Kecamatan Kampung Rakyat, Labuhanbatu Selatan, dalam proses proyek pengerasan tahun 2022 senilai Rp.21. 880.000 sampai saat ini belum dilaksanakan. Padahal tahun anggaran 2022 telah berakhir hampir satu bulan lamanya. (Afriandi/Posmetromedancom)

POSMETROMEDAN.com – Proyek pengerasan jalan potong/ gang RT 3-4 Dusun I, Desa Teluk Panji IV, Kecamatan Kampung Rakyat, Labuhanbatu Selatan, tahun 2022 senilai Rp.21. 880.000 sampai saat ini belum dilaksanakan. Padahal tahun anggaran 2022 telah berakhir hampir satu bulan lamanya.

Informasi yang dihimpun wartawan pada Senin (30/01/2023), dari papan informasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Teluk Panji IV tahun 2022 disebutkan, volume pengerasan jalan itu yakni, sepanjang 200 meter, lebar 1,5 meter dan tebal 0,15 m.

Kepala Urusan (Kaur) Umum bermarga Marbun saat ditemui di kantor Kepala Desa mengatakan, mengenai proyek perkerasan itu merupakan urusan Kaur Pembangunan yang bernama Darno. Namun, saat wartawan datang, Darno sedang tidak berada di tempat.

BACA JUGA..  Polres Taput Ringkus Pembobol Toko Ponsel dari Kota Siantar

“Kalau urusan pembangunan itu urusannya pak Darno Kaur Pembangunan. Tapi dia sedang di luar,” katanya.

Mengingat Kaur Pembangunan tidak ditempat, wartawan meminta bantuan Marbun untuk meninjau proyek pengerasan yang dimaksud. Tetapi, Marbun menolak membantu menunjukkan proyek perkerasan jalan potong/ gang RT 3-4 Dusun tersebut.

“Payah. Apalagi karena musim banjir kemarin itu. Ditambah lagi truk pengangkut sawit. Toke-toke sawit ini, jalan berlubang tidak mau memperbaikinya,” katanya berkilah.

Karena Marbun menolak, wartawan meninjau proyek tersebut dan mencari informasi dari warga yang berada di jalan potong/gang RT 3-4 Dusun I dimaksud. Namun, setelah menelusuri jalan itu, wartawan tidak menemukan tanda-tanda adanya proyek perkerasan jalan disana.

BACA JUGA..  Dosmar Banjarnahor Dinilai Layak Dinobatkan Bapak Pembangunan Humbahas

Ironisnya, sejumlah warga disana mengaku bahwa tidak ada proyek perkerasan jalan potong/gang RT 3-4 Dusun I yang dikerjakan pada tahun 2022 lalu.

“Inilah jalannya pak. (Jalan potong/gang RT3-4 Dusun I). Tapi tidak ada perkerasan jalan setahu kami disini,” kata seorang ibu yang ditemui di depan rumahnya.

Seorang pria yang rumahnya berada di tepi jalan potong/gang RT 3-4 Dusun I, juga mengaku tidak ada proyek perkerasan jalan disana. Menurut dia, untuk proyek perkerasan jalan disana baru dibicarakan dalam musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) tahun 2023 yang baru dilaksanakan beberapa hari lalu.

BACA JUGA..  Sempat Kabur, Iptu Supriadi Diamankan Depan Gerbang Tol Lubuk Pakam

“Perkerasan jalan tidak ada disini, pak. Baru kemarin waktu musrenbang desa dibicarakan akan ada perkerasan jalan disini,” akunya.

Sementara itu, Kaur Pembangunan Desa Teluk Panji IV, Darno saat dikonfirmasi via pesan whatsapp terkait pengakuan warga bahwa tidak ada proyek perkerasan yang dilaksanakan di jalan potong/gang RT 3-4 Dusun I, sama sekali tidak memberikan jawaban, meski pesan tampak terkirim.

Begitu juga dengan Pj Kepala Desa Teluk Panji IV, H. Suwandi. Konfirmasi yang dilayangkan melalui pesan whatsapp kepadanya terkait proyek perkerasan itu, juga belum memberikan keterangan pasti. (*)

Reporter: Afriandi
Editor: Maranatha Tobing