Wakil Bupati Karo Buka Kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

oleh
Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting resmi membuka kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Pelatihan Pemustaka Perpustakaan Khusus Rumah Tahanan Kabanjahe di Rutan Kabanjahe, Selasa (29/11/2022). (Marko Sembiring/Posmetromedancom)

POSMETROMEDAN.com – Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting resmi membuka kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Pelatihan Pemustaka Perpustakaan Khusus Rumah Tahanan Kabanjahe di Rutan Kabanjahe, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan memberikan kesempatan kepada para warga binaan lembaga pemasyarakatan untuk menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dari perpustakaan dan sebagai media untuk mengembalikan rasa kepercayaan diri bahwa mereka bisa kembali hidup normal dalam masyarakat tanpa harus kembali ke perilaku lama. Selain itu  juga diharapkan menciptakan peluang aktivitas ekonomi di Lembaga Pemasyarakatan.

BACA JUGA..  Kementan Optimalisasi Lahan Sawah di Langkat, Luasnya 8.200 Ha

Dalam sambutannya Wakil bupati menyampaikan bahwa setiap orang berhak mendapatkan kebebasan dalam mengakses informasi tanpa harus melihat apa latarbelakangnya.

Wakil bupati juga memberikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karo yang telah melaksanakan program transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial berupa pelatihan keterampilan membuat Minyak Urut Khas Karo dan Tata Boga kepada warga binaan di rutan Kabanjahe.

BACA JUGA..  Pj Gubernur Sumut Perkuat BAAS dan Keterlibatan Swasta

“Kami berharap, pemustaka atau warga binaan pemasyarakatan dapat mengambil ilmu dari kegiatan ini menjadi bekal pengembangan diri ketika warga binaan kembali hidup berbaur bersama masyarakat,” ujar Wakil Bupati.

Kegiatan pelatihan pembuatan Minyak Urut dan pembuatan Keripik Kangkung Belerang tersebut diikuti oleh 50 orang pemustaka Perpustakaan Khusus Rumah Tahanan Kabanjahe. (*)

BACA JUGA..  Pendaftaran Calon Pansel Panwaslih Aceh Tenggara Dibuka

Reporter: Marko Sembiring
Editor: Maranatha Tobing