Komisi III DPRD Medan Minta Pengelola PT MMD Ciptakan Suasana Nyaman

oleh -180 views
Komisi III DPRD Medan saat melakukan kunjungan ke gedung Medan Mall yang merupakan aset Pemko Medan. (Ali Amrizal/Posmetro Medan)

POSMETROMEDAN.com – Komisi III DPRD Medan meninjau  gedung Medan Mall sebagai asset Pemko Medan yang baru saja disewakan kepada pihak ketiga yakni PT Medan Mega Development (MMD), selama 2 tahun terhitung November 2021 hingga November 2023 mendatang.

DPRD berpesan kepada pengelola agar memberikan pelayanan yang nyaman kepada pengunjung Mall dan sebagai ikon Kota Medan.

Harapan itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Medan M Afri Rizki Lubis disela sela peninjauan, Selasa (11/1). Afri Rizki didampingi Wakil Ketua Komisi III Abdul Rahman Nasution dan anggota Komisi Irwansyah didampingi pihak pengelola Sujono selaku General Manager PT MMD.

Saat rombongan DPRD tiba di Medan Mall langsung melakukan peninjaun dari lantai dasar hingga lantai 4 Medan Mall bersama Sudjono. Mulai dari kondisi kios, toilet, koridor jalan dan fasilitas umum menjadi fokus perhatian. Pihak pengembang diharapkan membenahi seluruh fasilitas umum termasuk musollah.

“Apabila fasilitas terus dibenahi, maka pengunjung akan merasa nyaman. Ini tentu akan sangat baik dan membuat pengunjung ramai datang ke Medan Mall. Apalagi sesuai target Pemko Medan, pengelola Medan Mall harus bisa menjadikan Medan Mall sebagai salah satu ikon di Kota Medan,” ujar Rizki yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Medan itu.

BACA JUGA..  Wali Kota Tinjau Pemasangan U-Ditch di Jalan Karya Wisata

Sedangkan Wakil Ketua Komisi III Abdul Rahman Nasution menyampaikan agar PT MMD selaku management baru Medan Mall dapat lebih bagus dari management yang lama terkait mengurus dan mengembangkan Medan Mall sebagai ikon Kota Medan.

Apalagi, Abdul Rahman, kontrak sewa yang dilakukan Pemko Medan kepada PT MMD disebut relatif pendek, yakni hanya berdurasi 2 tahun. Diharapkan selama 2 tahun itu, PT MMD dapat meyakinkan Pemko Medan dan membuktikan pengelolaan lebih baik dari sebelumnya.

“Karena sepertinya kalau hanya 2 tahun, belum semua bisa dituntaskan. Tapi setidaknya, bisa selama 2 tahun ini harus banyak progresnya. Tadi kita sudah meninjau, dan dari komunikasi kami tadi ini progresnya memang sudah sangat baik dan kita minta untuk ditingkatkan terus,” kata Mance sebutan akrab Abdul Rahman Nasution asal politisi PAN itu.

Bahkan kata Mance pengelola Medan Mall saat ini dinilai terbuka terkait harga kios-kios di Medan Mall. Menurut hasil tinjuannya, saat ini harga sewa kios di Medan relatif lebih murah bila dibandingkan harga sewa kios di sejumlah Mall lainnya di Kota Medan.

“Secara tidak langsung, kondisi ini menepis isu yang menyebutkan bahwa harga kios di Medan Mall terlalu mahal bila dibandingkan kios-kios di Mall lainnya,” imbuh Mance.

BACA JUGA..  Pemko Ajak DPD AHLI Sumut Berkolaborasi Majukan Pariwisata

Disampaikan Mance, dari hasil peninjauan untuk ukuran kios ukuran 3×6 atau luas 18 meter persegi di Medan Mall, itu sekitar Rp110 juta sampai Rp150 juta pertahun. “Kalau itu dibandingkan dengan yang lain, itu jauh lebih besar harga yang di luar. Maka kita berharap, ini kedepan bisa lebih baik dan berkesinambungan,” ungkapnya.

Sementara itu, General Manager PT MMD, Sujono menyampaikan sejumlah pembenahan yang telah dilakukan pihaknya selama baru 2 bulan menjadi pengelola Medan Mall. Sujono mengklaim sudah banyak yang telah mereka benahi, khususnya terkait fasilitas-fasilitas umum (fasum). Sujono pun meyakini, hal itu akan membuat Medan Mall kembali pada masa kejayaannya dan menjadi ikon Kota Medan kedepannya.

“Beberapa fasilitas umum sedang kita perbaiki, misalnya jalan-jalan (koridor) disini masih rusak, itu termasuk perhatian kita dalam perbaikan. Lalu untuk fasum seperti kamar mandi, kalau kita lihat kamar mandi di mal ini, ini kan sebelumnya sangat tidak memadai, tapi hari ini kita sedang proses perbaikan. Kita akan buat jauh lebih nyaman, supaya pengunjung dapat menikmati fasilitas Medan Mall dengan lebih baik,” tuturnya.

Tak cuma itu, Sujono juga memastikan, bahwa Medan Mall dibawah pengelolaan PT MMD tidak akan mengutip uang kepada setiap pengunjung yang menggunakan fasilitas toilet Medan Mall. Dengan kata lain, saat ini pengunjung Medan Mall dapat mempergunakan toilet-toilet di Medan Mall secara gratis.

BACA JUGA..  Dinas PU Medan Diminta Evaluasi Rekanan Tidak Tepat Waktu

Selain perbaikan koridor jalan dan toilet, management baru juga sedang melakukan pembangunan mushola di lantai 2 Medan Mall. Sedangkan untuk Mushola yang sudah ada di lantai 4, dilakukan perbaikan-perbaikan.

Untuk itu, meski hanya menyewa Medan Mall selama 2 tahun, Sujono optimis jika PT MMD akan dapat membenahi Medan Mall menjadi jauh lebih baik dan nyaman dalam masa sewa 2 tahun itu.

Diterangkan Sujono, sebagai salah satu contoh konkret, saat ini pihaknya telah membuka kembali jembatan penghubung yang menjadi akses pengunjung Medan Mall menuju pusat pasar dan sebaliknya. Padahal di masa pengelola yang lama, jembatan penghubung itu ditutup selama 21 tahun sehingga mempersulit akses pengunjung Medan Mall menuju pusat pasar dan sebaliknya.

“Dan itu sudah kita fungsikan kembali. Jadi ini bukan hanya menghidupkan Medan Mall saja, tetapi pusat pasarnya juga mendapat dampak yang positif. Kita dengar pihak pusat pasar senang, inilah salah satu terobosan yang kita lakukan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ali Amrizal
Editor: Maranatha Tobing

EPAPER