Honda Dukung Pengembangan Vokasi di Lombok

oleh -118 views
Honda secara konsisten melakukan monitoring pengembangan vokasi secara terintegrasi, salah satunya dengan melakukan visitasi Kepada SMK TBSM Astra Honda yaitu SMK Negeri 1 Gangga, Kabupaten Lombok Utara. (Ist)

POSMETROMEDAN.com – PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan dukungan penuh pada pengembangan vokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat melalui monitoring dan pemberian donasi kepada dua SMK yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda, yaitu  SMK Negeri 1 Gangga, Kab. Lombok Utara dan SMK Negeri 2 Praya Tengah, Kab. Lombok Tengah.

Untuk memastikan terciptanya SDM unggul di bidang vokasi melalui penerapan Kurikulum TBSM Astra Honda, Honda telah mengembangkan sistem monitoring terintegrasi. Sistem ini diimplementasikan secara hybrid melalui pendekatan berbasis digital dan visitasi ke SMK yang dilakukan bersama jaringan Main Dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.

Dalam monitoring ini, setiap SMK melakukan asesmen mandiri terhadap beberapa point terkait sarana prasarana pendukung dan implementasi kurikulum TBSM Astra Honda. Di Pulau Lombok, Honda bersama main dealer Astra Motor NTB mengunjungi SMK Negeri 1 Gangga sebagai destinasi pertama.

Sekolah yang berada di pesisir utara Pulau Lombok ini sempat terdampak bencana gempa yang menyebabkan lumpuhnya fasilitas belajar di sekolah. Dalam kunjungan, Honda memberikan donasi 1 unit motor (18/11). Selain itu, Yayasan AHM juga memberikan donasi Rp50 juta untuk membantu proses pemulihan sekolah melalui pemberian seperangkat alat praktik untuk mendukung proses belajar mengajar Kurikulum TBSM Astra Honda.

BACA JUGA..  Bantu Korban Banjir, CBR Club Batubara Bagi Inspirasi Indahnya Berbagi

Monitoring SMK di Lombok juga dilakukan Honda ke SMK yang telah tersertifikasi sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK), yaitu SMK Negeri 2 Praya Tengah (22/11). Berlokasi di luar Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, SMK mitra binaan Astra Honda ini berhasil membuktikan bahwa SMK di daerah juga memiliki kualitas berstandar industri dan mampu unjuk gigi dalam ajang bertaraf nasional.

SMK Negeri 2 Praya Tengah pun berhasil lolos dalam tahap seleksi tingkat provinsi dan terpilih menjadi wakil provinsi NTB pada gelaran Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional. Honda memberikan apresiasi kepada SMKN 2 Praya Tengah berupa donasi 1 Unit sepeda motor Honda beserta seperangkat alat praktik TBSM Astra Honda.

BACA JUGA..  bjb Raih Predikat Bank dengan Kinerja Terbaik di Gatra Awards 2021

Pada kunjungannya ini, Honda juga meninjau langsung fasilitas serta kegiatan belajar mengajar Kurikulum TBSM Astra Honda di masing-masing SMK. Honda juga berkesempatan menyaksikan langsung praktik Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Honda yang berlangsung di TUK, SMKN 2 Praya Tengah.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan pihaknya berupaya memastikan terjadinya peningkatan sekaligus pemerataan kualitas implementasi kurikulum TBSM Astra Honda di semua wilayah. Standardisasi sistem monitoring dikembangkan Honda untuk meningkatkan kontribusi perusahaan di dunia vokasi sehingga terlahir alumni SMK yang punya daya saing di dunia industri.

Sementara itu Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan dengan semangat bersinergi, Honda ingin kontribusi di dunia vokasi bisa melahirkan kompetensi yang merata di semua wilayah yang ada SMK mitra binaan. Dukungan, monitoring program, dan apresiasi akan terus Honda berikan agar SMK mitra binaan dapat bersama-sama mewujudkan link and match dunia pendidikan dan industri di Indonesia.

BACA JUGA..  Waspada Penipuan, Ini Nomor Call Center Resmi bank bjb

Program link and match pendidikan vokasi telah dilakukan Honda sejak tahun 2010 melalui implementasi kurikulum TBSM Astra Honda. Program pembinaan SMK ini antara lain meliputi pemberian materi ajar dalam bentuk teori, praktik, dan Praktik Kerja Industri (Prakerin) langsung di jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) untuk siswa SMK TBSM Astra Honda.

Pengembangan tenaga ajar di SMK juga dilakukan melalui peningkatan dan pengayaan kompetensi guru dalam program pelatihan dan sertifikasi berstandar industri. Hingga Oktober tahun 2021, Honda telah memiliki SMK mitra binaan Astra Honda sejumlah 704 Sekolah dan 65 TUK yang dapat dimanfaatkan oleh siswa SMK mitra binaan Astra Honda untuk mengikuti UKK dan meraih sertifikat lulus uji setara Technical Training Level 1 (TTL 1) terkait pemeliharan sepeda motor Honda.(ril/bdh)

EPAPER