Ketua Komisi II DPR RI Hadiri Sosialisasi Bawaslu Hasil Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020

oleh -95 views
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Ketua Bawaslu Karo Eva Juliani Br Sembiring, Komisioner Bawaslu Provinsi Marwan dan Suhadi Situmorang Saat sosialisasi Hasil Pengawasan Pilkada serentak di Hotel Sibayak Internasional Berastagi. (edi)

POSMETROMEDAN.com – Ketua Komisi II DPR RI menghadiri sosialisasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)  hasil pengawasan pemilihan kepala daerah serentak Tahun 2020, di Hotel Sibayak Internasional Berastagi, Kabupaten Karo, Rabu (13/10/2021) sekira Pukul 14.00 Wib.

Sosialisasi Bawaslu RI ini dengan menghadirkan Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, Suhadi Situmorang dan Marwan.

Selain itu juga hadir, Ketua Bawaslu Karo, Eva Juliani Br Sembiring dan Geluh Sembiring, Abraham Tarigan. Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Jiwa Tarigan serta pemuka agama GBKP, Pdt Alfennius Surbakti, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Ormas.

BACA JUGA..  Kemenparekraf Gelar Event Promosi UMKM Untuk Pelaku Usaha Langkat

Pada kesempatan ini, Ketua Bawaslu Karo menyampaikan bahwa Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Karo Tahun 2020 berjalan dengan lancar dan sukses.

Walaupun, lanjutkan Eva lagi bahwa ada pengaduan dari Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terkait dugaan kecurangan dalam pemilihan, namun setelah dilakukan pemeriksaan sesuai dengan data data yang diajukan Bawaslu Karo bersama Gakkumdu memutuskan tidak adanya temuan sehingga tidak bisa di lanjutkan ke Jalur Hukum.

BACA JUGA..  Pemkab Deliserdang Kembali Terima Penghargaan dari Kemenkeu RI

“Memang ada laporan dari Calon Bupati dan Wakil Bupati Karo, setelah dikaji berdasarkan fakta lapangan sehingga Bawaslu menyimpulkan laporan tidak berbukti dan tidak dapat dilanjutkan secara hukum,” ujar Eva.

Sedangkan Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung memberi apresiasi kepada Bawaslu Karo yang mana hasil pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Karo dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

BACA JUGA..  Koramil Bangun Purba Salurkan Sembako dari Danrem 022/PT

Untuk itu, Badan Pengawas Pemilu adalah lembaga negara yang memiliki tugas pokok dan fungsi melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan pemilihan umum.

“Jadi, Seluruh penyelenggara kegiatan Pemilu dan Pilkada merupakan bagian dari Komisi II DPR RI,” ungkap Doli. (edi)

EPAPER