Program Strategis Nasional, Bupati Darma Wijaya Serahkan 1000 Sertifikat Tanah

oleh -173 views

POSMETROMEDAN.com – Bupati Sergai H Darma Wijaya menyerahkan 1000 sertifikat tanah kepada masyarakat Serdang Bedagai (Sergai) di Aula Sultan Serdang kantor Bupati Sergai Sei Rampah, Rabu (22/9/2021).

Penyerahan ini dilakukan secara simbolis kepada 25 masyarakat yang tersebar di 4 Kecamatan Sei Rampah, Perbaungan, Sei Bamban dan Tanjung Beringin.

Pada kesempatan itu, Bupati Darma Wijaya mengatakan penyerahan sertifikat tanah ini sesuai dengan Intruksi Presiden (Inpres) Joko Widodo yang menginginkan konflik tanah di Indonesia segera terselesaikan.

” Saya berharap masyarakat menjaga sertifikat tanah ini dengan sebaik-baiknya dan jangan disia-siakan ataupun dialihkan. Ini merupakan bentuk hadir negera ditengah-tengah masyarakat,” kata Darma Wijaya.

BACA JUGA..  Cabang Langkat Terpilih Pimpin IMM Sumut Masa Amaliyah 2020-2022

Bupati Darma Wijaya menyebutkan Kabupaten Sergai memiliki luas kurang lebih 1.900 Kilometer persegi sebagian besar wilayahnya merupakan perkebuan swasta dan BUMN.

“Wilayah Serdang Bedagai disekelilingi perkebunan tentunya persoalan agraria kemungkinan sering terjadi diwilayah ini,”sebut Darma Wijaya.

Tentunya, dengan adanya program penerbitan sertifikat tanah ini secara gratis ditengah masyarakat konflik agraria tidak akan terjadi karena masyarakat memiliki hak atas tanah tersebut.

BACA JUGA..  Tunggul Kecamatan Terbaik Diserahkan Bupati Kepada Camat Bahorok

Selain itu, masyarakat pun bisa memanfaatkan sertifikat ini sebagai untuk modal usaha dan gunakan dengan sebaiknya.

“Bagi masyarakat yang menerima sertifikat tanah ini bisa bersyukur karena surat tanah ini dibagikan secara gratis,” ucapnya.

Sementara Kakanwil BPN Sumut Dadang Suhendi mengatakan masyarakat yang telah memiliki sertifikat tanah dapat memanfaatkan sebaik-baiknya.

“Sertifikat tanah ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat disaat masa pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Dadang Suhendi pun mengakui di Kabupaten Sergai ini cukup cepat menyelesaikan target penerbitan sertifikat tanah.

BACA JUGA..  Bimtek Implementasi Peta Proses Bisnis Untuk Visi Misi Bupati Langkat

Itu semua karena berkat dukungan dan arahan dari Bupati Sergai Darma Wijaya, bilangnya.

Dadang Suhendi akan menargetkan ditahun 2025 seluruh bidang tanah di Sumut, terkhusus Kabupaten Sergai sudah harus tersertifikasi seperti milik masyarakat, Pemerintah, BUMD dan lainnya, ini semua karena ada dukungan negara dan pemerintah.

“Kita targetkan tahun depan akan lebih banyak lagi bidang tanah yang sudah tersetifikasi,” imbuhnya.(sur)

 

EPAPER