Paripurna DPRD Karo Molor 4 Jam, Firdaus Sitepu SH Soroti Kebijakan Pemkab

oleh -280 views

POSMETROMEDAN.com – Rapat Paripurna DPRD Karo molor 4 jam dari jadawal pukul 17.00 WIB akhirnya dimulai pukul 21.00 WIB, Senin (27/09/2021). Dalam rapat tersebut, Firdaus Sitepu SH dari Graksi Golkar menyoroti kebijakan Pemkab terkait potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Tidak diketahui apa penyebab molornya jadwal paripurna tersebut. Bahkan tidak ada penjelasan dari pihak terkait. Padahal paripurna kali ini merupakan hal penting, dengan agenda Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi – Fraksi atas Ranperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021.

Rapat Paripurna dipimpin ketua DPRD Kabupaten Karo, Iriani Br. Tarigan didampingi wakil ketua, Sadarta Bukit dan David Christian Sitepu serta dihadiri 24 orang dari 35 orang anggota DPRD.

BACA JUGA..  Cabang Langkat Terpilih Pimpin IMM Sumut Masa Amaliyah 2020-2022

Sementara dari pihak eksekutif dihadiri Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Sekdakab Kamperas Terkelin Purba, para asisten serta sejumlah pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah).

Paripurna kali ini selain molor, juga tidak ada unsur Forkopimda ataupun yang mewakili terlihat hadir. Ketidak hadiran unsur Forkopimda juga menjadi tanda tanya besar.
Penyampaian pemandangan umum kedelapan fraksi DPRD Kabupaten Karo juga tidak lagi dibacakan, tetapi dianggap sudah dibacakan dan naskahnya langsung diserahkan kepada pimpinan rapat.

BACA JUGA..  Bimtek Implementasi Peta Proses Bisnis Untuk Visi Misi Bupati Langkat

Beberapa sumber menyebutkan bahwa, Fraksi Partai Golkar (FPG) menyoroti kebijakan pemerintah mengenai pelaksanaan efisiensi dan penghematan belanja.

Selain menyoroti efesiensi dan penghematan belanja FPG juga mempertanyakan kepada pemerintah upaya yang akan dilakukan meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah)

“Kami juga meminta penjelasan upaya- upaya apa saja yang akan dilakukan pemerintah dalam meningkatkan PAD dimasa pandemi Covid-19 yang masih terjadi sampai saat ini. Diluar sektor pariwisata, sektor apa saja yang berpotensi untuk meningkatkan pendapatan daerah dan kegiatan – kegiatan OPD (organisasi perangkat daerah) mana yang berpeluang untuk dilakukan rasionalisasi,” beber sumber menirukan ucapan juru bicara Fraksi Partai Golkar DPRD Karo, Firman Firdaus Sitepu.

BACA JUGA..  Bupati Karo Hadiri Penyerahan Bantuan CSR Perusahaan Korea Kepada UMKM

Usai kedelapan fraksi menyerahkan naskah pemandangan umum, pimpinan rapat menskors sementara rapat. Dalam masa skors dilakukan musyawarah pimpinan fraksi dengan pihak eksekutif.

Dalam musyawarah disepakati bahwa paripurna dilanjutkan Selasa 28 September 2021pukul 10.00 WIB dengan agenda jawaban pemerintah . Tepat pukul 22.00 WIB rapat paripurna dinyatakan selesai. (edi)

EPAPER