Pokdakan Lele Batang Angkola Terima Bantuan Bupati Tapsel

oleh -89 views
Bupati Tapanuli Selatan H Dolly Pasaribu SPt MM disaksikan Plt Kepala Dinas Perikanan Daerah Sopyan Adil SP pada penyerahan bantuan ikan kepada Pokdakan di Batang Angkola (ist/posmetro)

POSMETROMEDAN.com – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, menyerahkan bantuan kepada kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Lele di dua desa di Kecamatan Batang Angkola, Sabtu (7/8).

Adapun kelompok yang menerima bantuan yakni, Pokdakan Manaon Muda Madani dari Desa Janji Manaon serta Pokdakan Mual Lele dari Desa Aek Gunung.

“Saya harapkan, masyarakat (Pokdakan) yang menerima bantuan ini berhasil dalam mengembangkan peternakannya,” harap Bupati usai menyerahkan bantuan.

Disampaikan, kendati ditengah situasi ekonomi yang sulit akibat dampak Covid-19, namun dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan secara tak langsung dapat men-stimulus peningkatan ekonomi masyarakat pembudidaya ikan lele di Tapsel.

BACA JUGA..  Bupati Deliserdang Terima Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 dari Wapres KH Ma’ruf Amin

Diharapkan, agar bantuan yang telah diserahkan dapat dijadikan motivasi dalam mengembangkan peternakannya masing-masing.

“Sehingga kedepan, Pokdakan ini diharap bisa memperbesar volume dari usahanya,” sebutnya seraya mengutarakan, saat

panen tiba, kiranya dapat diatur sedemikian rupa, agar masih ada lele yang tertinggal sebagai bibit berikutnya. Sehingga usaha peternakan dan pembudidayaan ikan lele ini bisa terus menerus berkelanjutan. Dan ini akan semakin meningkatkan valuasi usaha.

Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu ikut menaburkan bibit ikan lele ke kolam salahsatu kelompok pembudi daya iklan. (Ist/posmetro)

Sementara, Plt Kepala Dinas Perikanan Tapsel, Sofyan Adil menyebut, bantuan yang diserahkan kepada Pokdakan Manaon Muda Madani yakni, bibit ikan lele ukuran 7-8 cm sebanyak 20.000 ekor, multivitamin dan mineral 1 botol, ember 2 buah, ember grading 3 buah, hapa 1 unit, serok ikan 2 buah.

BACA JUGA..  Jalan Penghubung 2 Kecamatan Rusak Parah, Pemkab Langkat Segera Lakukan Pengerasan

Kemudian, pakan/pelet ikan stater FF-999 ukuran 10 Kg per zak sebanyak 25 zak, pakan/pelet ikan grower 781-2 ukuran 30 Kg per zak sebanyak 40 zak, serta pakan atau pelet ikan grower 781-1 ukuran 20 Kg per zak sebanyak 40 zak.

“Selanjutnya, bantuan yang sama juga diserahkan ke Pokdakan Mual Lele Aek Gunung,” terang Sofyan.

BACA JUGA..  Percepat Penurunan Stunting, BKKBN Data Warga Besitang Langkat

Ketua Pokdakan Manaon Muda Madani, Riswan Nasution, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tapsel dan Dinas Perikanan yang telah mengalokasikan bantuan tersebut kepada kelompok pembudidaya ikan.

Dia berjanji, kedepannya didampingi Dinas Perikanan akan berjuang sekuat tenaga untuk memaksimalkan hasil panen para anggota kelompok.

“Kami akan mendukung penuh program dari Dinas Perikanan guna mewujudkan visi misi Bupati Tapsel menjadikan masyarakat Tapsel yang lebih sehat, cerdas, dan sejahtera, melalui budidaya ikan,” ungkapnya mengakhiri. (ran)

EPAPER