Kerap Langgar Prokes, Kesawan City Walk Perlu Dievaluasi

oleh -133 views

EPAPER

POSMETROMEDAN.com – Kesawan City Walk The Kitchen Of Asia dinilai perlu dievaluasi. Sebab, sejak beroperasi kerap menimbulkan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) seperti kerumunan serta pelanggaran pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) karena jam operasional hingga dinihari.

“SOP (Standar Operasional Prosedur) Kesawan City Walk harus dievaluasi, jangan sampai jadi klaster baru penyebaran covid-19. Medan kemarin sudah turun oranye, kembali lagi ke merah. Artinya melonjak itu harus diantisipasi, wali kota harus evaluasi SOP-nya,” kata Ketua DPRD Medan, Hasyim, kemarin.

Tujuan awal didirikannya Kesawan City Walk, kata dia, untuk meningkatkan geliat ekonomi yang sempat terpuruk akibat pandemi covid-19. Terlebih pedagang yang berjualan adalah pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kota Medan.

BACA JUGA..  Tak Pakai Masker, 10 Masyarakat Dihukum Push up

“Persoalan sekarang, kerumunan orang , itu yang harus dievaluasi terkait dengan kondisi di lapangan. Prokes harus diketatkan. Ini tugas OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait yang berwenang disana dan Satgas covid-19 harus lebih ketat lagi. Atur jaraknya dan pakai masker, harus diperhatikan ini,” bebernya.

Politikus PDIP ini mengingatkan agar jam operasional Kesawan City Walk harus mengikuti PPKM. Jika tidak akan timbul kecemburuan sosial. Sebab, masyarakat yang dipaksa mengikuti PPKM akan protes. Pengawasan di sana juga harus ditingkatkan agar tidak terjadi pelanggaran.

BACA JUGA..  PT Pegadaian Kanwil I Medan Bagi-bagi Takjil

“Waktunya harus disesuaikan dengan PPKM, ikuti sajalah. Itulah akhir pekan, tugas Satgas di lapangan menjaga dan mengawasi, jangan sampai terjadi keramaian yang tak berjarak. Harus sama, PPKM berlaku di semua wilayah kota Medan. Harus diikuti. Jika Kesawan melanggar harus diantisipasi,” pungkasnya.

Diberitakan, Kesawan City Walk atau The Kitchen Of Asia menampilkan pertunjukan barongsai pada Sabtu malam (17/4). Atraksi barongsai pada malam Ramadan itu dimulai sekitar pukul 19.00 WIB atau setelah salat magrib selesai dan baru berakhir sekitar pukul 22.00 WIB.

BACA JUGA..  Aulia Salurkan 300 Paket Sembako Kepada Pertuni Medan

Bukan hanya itu, Kesawan City Walk yang soft launching 28 Maret lalu itu juga kerap menimbulkan kerumunan masyarakat. Satgas Covid-19 atau Satpol PP Kota Medan tidak melakukan tindakan atas itu. Selain itu jam operasional sampai pukul 00.00 WIB. Padahal berdasarkan PPKM jam operasional dibatasi hanya sampai pukul 22.00 WIB. (ali)

EPAPER