Hujan Lebat dan Angin Kencang Terjang Enam Desa di Deliserdang, Puluhan Rumah Rusak

oleh -114 views

EPAPER

POSMETROMEDAN.com – Hujan deras disertai angin kencang puting beliung menerjang enam Desa di Kecamatan Beringin Kabupaten Deliserdang, Jumat malam (23/04/2021) sekitar pukul 20.00 wib hingga pukul 21.30 wib, mengakibatkan sedikitnya 37 rumah rusak. Kencangnya angin juga menumbangkan sejumlah pohon besar.

Wahyu, Camat Kecamatan Beringin saat dikonfirmasi terkait kejadian ini, Sabtu (24/04/2021) membenarkan kejadian tersebut. “Iya benar, kini kami masih melakukan pendataan untuk korban bencana ini,” pungkasnya.

Informasi dihimpun dari Sunario, anggota FKDM Kecamatan Beringin Deliserdang, menyebutkan hujan deras dan angin kencang terjadi disaat sebagian warga sedang melaksanakan Sholat Tarawih pada Jumat malam. Tidak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian tersebut, namun banyak rumah warga mengalami kerusakan berat, sedang dan ringan serta adanya areal persawahan yang sudah siap tanam terendam air.

Data rumah rusak akibat bencana ini diantaranya, Desa Sidodadi Ramunia Sumarno (49) warga Dusun Madiun. Kerusakan sedang separuh atap rumah terbang. Herman Rangkuti (45) rusak berat seng atap rumah dan kayu nya terbang semua hingga 30m, Surianto (40) rusak ringan beberapa seng terbang, Ardi Wiranata (29) rusak ringan dinding rumah bagian atas terpangkas, Aris Munandar (26) rusak sedang, sekitar 25 lembar seng rumah terbang, Mulyadi (52) rusak ringan 10 lembar Arab seng terbang, Misno (66) rusak berat separuh kandang ternak ayam rubuh dan ayamnya  banyak yang mati.

BACA JUGA..  Raider 100 Seperti Ninja di Ramadhan, Sergap Polisi Saat Bertugas Malam

Untuk Dusun Banjar Negoro B, kerusakan ringan rumah Sahlan (63) tujuh lembar Atab seng terbang, Wardi (45) atap seng 15 lembar terbang, pungut (81) rusak ringan sekitar 20 lembar seng rumahnya terbang.

Untuk warga Dusun Bali diantaranya Tukiman (51) rusak sedang 30 lembar seng rumah dan kayunya terbang, untuk warga dusun Blora Rukun (65) rusak ringan ada 7 lembar seng rumahnya terbang, perumahan Griya Beringin disusun Banjar Negoro A, 14 rumah  kopel atap sengnya terbang dihantam angin. Sementara itu untuk areal persawahan siap tanam seluas 4 hektar terendam banjir.

BACA JUGA..  Malam Takbir Berujung Duka, Warga Tebingtinggi Nekat Gantung Diri

Untuk Desa Karang Anyar ada empat rumah diterjang angin diantaranya Gino warga Dusun VII A rusak berat, atap rumah dan kayu rubuh, Jumadi Wagito warga Dusun II rusak sedang, Mulyadi warga dusun II rusak sedang atap rumah diterbangkan angin dan Warsiah juga warga Dusun II rusak sedang bagian atap rumah terbang.

Untuk Desa Beringin,ada lima rumah warga yang rusak diantaranya rumah Susilo Ramadi warga dusun delima rusak ringan, Gito warga Dusun Cempaka rusak sedang atap rumah dan kayu terbang, Supriati warga dusun Damai rusak ringan sekitar 6 lembar seng terbang,Legiman Simarmata warga dusun Damai kerusakan ringan, Suwardi warga dusun Mawar kerusakan sedang.

BACA JUGA..  Mayat Pria Nyangkut di Ranting Sungai Belumai Batang Kuis

Untuk Desa Pasar Lima Kebun Kelapa tercatat ada satu rumah milik Supardi warga dusun Amal Bakti mengalami rusak berat,sebagian dinding rumah rubuh. Untuk Desa Emplasemen Kualanamu namu banyak pohon pohon tumbang. Untuk Desa Sidoharjo 2 Ramunia ada dua rumah warga yang rusak diantaranya Purida Boru Nainggolan warga dusun 9 kerusakan ringan sekitar 4 lembar seng terbang dan rumah Laurensius Sinaga warga dusun 11 rusak sedang atap seng dan kayu terbang.

Sejauh ini muspika sudah menggalang bantuan makanan pada korban yang terkena bencana angin puting beliung. Untuk Desa Sidodadi Ramunia berupa Sembako yang terdiri dari beras, telur, indomie, minyak makan dan gula.

Selain itu meninjauan dan melakukan pendataan yang dilakukan oleh Kades dan Kadus dibantu oleh Babinsa dan Babinkamtibmas. (asw) 

EPAPER