Tim SAR Gabungan Evakuasi 74 Kantong Potongan Tubuh

oleh -224 views
PUING : Seorang petugas mengumpulkan puing pesawat yang sudah berhasil dievakuasi.(REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana)

EPAPER

POSMETROMEDAN.com – Basarnas memperbarui data hasil pencarian korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, Jakarta. Hingga kemarin (11/1/2021) sore sedikitnya ada 74 kantong jenazah berisi potongan tubuh.

“Untuk body remains atau bagian tubuh korban seluruhnya sudah kami serahkan ke DVI, dan untuk material pesawat kami serahkan kepada KNKT,” kata Kabasarnas Marskal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito saat konferensi pers di Posko Terpadu JICT 2 Tanjung Priok, seperti dalam keterangan tertulis, Senin (11/1/2020).

BACA JUGA..  Lebaran Seru Tanpa Mudik Bersama bank bjb, Tingkatkan Kewaspadaan & Jaga Proke

Selain itu, telah ditemukan juga beberapa bagian pesawat. Potongan besar pesawat sebanyak 24 dan serpihan kecil sebanyak 16. Selain menemukan bagian tubuh diduga korban Sriwijaya Air, tim SAR juga menemukan dokumen terkait pesawat Sriwijaya Air.

“Dari lokasi TKP diserahkan barang bukti 7 kantong body part atau bagian potongan manusia. Kemudian satu dokumen, satu kantong serpihan body pesawat,” ujar Dir Ops Basarnas Brigjen TNI (Mar), Rasman selaku SAR Mission Coordinator (SMC) di Dermaga JITC II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (11/1/2021).

BACA JUGA..  KABAR DUKA: Birgaldo Sinaga Meninggal Dunia, Ini Sebabnya

“Itu ada 9 item yang diserahkan oleh RIB (Rubber Inflatable Boat) Basarnas yang dibawa dari TKP,” ucapnya.

Tak hanya bagian tubuh korban, tim gabungan juga menemukan properti milik Sriwijaya Air saat proses evakuasi. Disebut ada 53 properti yang ditemukan sampai saat ini.

“Kami dari semenjak Minggu hingga sore ini, kami berhasil mengumpulkan dari TKP ada 14 potongan tubuh. Setelah itu ada 53 properti terdiri dari bagian potongan serpihan dari pesawat,” kata Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, Brigjen Mohammad Yassin Kosasih, di Pelabuhan JICT II, Jakarta Utara, Senin (11/1/2021).

BACA JUGA..  Publik Puas dengan Kinerja Kang Emil Tangani Pandemi Covid-19

Tim SAR gabungan Polri terdiri dari Ditpolair Baharkam Polri, pasukan Pelopor Brimob, dan Ditpolair Polda Metro Jaya. Temuan itu kemudian diserahkan ke Basarnas.

“Terima kasih atas penyerahan barang bukti tersebut. Tentu kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas upaya yang dilakukan,” kata Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Rasman MS dalam kesempatan yang sama.(*)

EPAPER