MANDIRI SYARIAH

Perindo Menangkan 14 Cakada di Sumut

oleh -79 views

POSMETROMEDAN.com – Sebanyak 14 calon kepala daerah (Cakada) yang diusung dan didukung Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Sumatra Utara (Sumut) menang pada kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang berlangsung di 23 kabupaten/kota di Sumut.

Hal itu diungkapkan Ketua DPW Partai Perindo Sumut Rudi Zulham Hasibuan dalam acara bertajuk “Kamis Optimis Bersama Jurnalis” yang digelar Kamis (17/12) di Sekretariat DPW Perindo Sumut.

Dalam kesempatan itu Rudi didampingi para fungsionaris DPW Partai Perindo Sumut diantaranya Sekretaris Wilayah, Donna Yulietta Siagian; Bendahara, Januazir Chuwardi; Ketua Bidang ,Budianta Tarigan dan lainnya. Turut hadir lima akademisi dan mantan birokrat yang menjadi panelis pada saat melakukan uji kelayakan dan kepatutan bakal calon (balon) kepala daerah yang akan didukung Partai Perindo pada Pilkada Serentak 2020. Akademisi dan birokrat dimaksud antara lain Dr Budi D Sinulingga, Dr Budiman NPD Sinaga, Dr Marlan Hutahaean, Charles Sianturi, MSBA dan Dadang Darmawan Pasaribu MSi.

Rudi Zulham memaparkan, dari sekitar 100 balon kepala daerah yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPW Perindo Sumut pada akhir 2019, sebanyak 18 di antaranya kemudian diusung dan didukung Partai Perindo untuk bertarung pada pesta demokrasi Pilkada Serentak 9 Desember 2020. “Dari jumlah itu, 14 di antaranya sukses meraih kemenangan,” ungkap Rudi Zulham.

Adapun 14 daerah dimaksud yakni Asahan, Mandailing Natal, Kota Gunung Sitoli, Humbang Hasundutan, Sibolga dan Karo. Selanjutnya, Binjai, Toba, Nias Selatan, Nias Utara, Siantar, Simalungun, Sergai dan Medan.

Rudi Zulham mengatakan, pencapaian tersebut melengkapi keberhasilan partai besutan taipan Hary Tanoesudibjo (HT) tersebut di Sumut yang berhasil menduduki 40 kursi legislatif di belasan kabupaten kota Sumut serta 1 anggota DPRD Sumut pada Pemilu lalu.

Rudi melanjutkan, kinerja yang cukup kinclong tersebut menjadi modal berharga pihaknya untuk terus membesarkan Partai Perindo di Sumut.

Disebutkan Rudi program kerja yang segera dilakukan pihaknya adalah melakukan konsolidasi yakni menyeleksi calon ketua DPD kabupaten yang sudah lowong pada saat ini sekaligus menyisip kepengurusan yang lowong.

“Dalam program konsolidasi partai ini kami buka kesempatan seluas luasnya kepada tokoh masyarakat yang kompeten dan berminat membangun partai ini,” sebut Rudi menjawab wartawan perihal kesempatan bagi tokoh masyarakat untuk bergabung dengan Partai Perindo.

Pada diskusi yabg menerapkan protokol kesehatan itu, para panelis secara bergantian diminta untuk memberi masukan dan pandangan untuk memajukan Partai Perindo ke depan.

Salah seorang mantan panelis Charles Sianturi mengungkapkan Perindo sudah melakukan langkah yang baik dengan mengadakan uji kepatutan dan kelayakan menjaring cakada.

Pada kesempatan itu Ketua Bidang Kader DPW Perindo Sumut Budianta Tarigan mengibgatkan agar kader Perindo yang duduk di legislatif supaya mengawal secara kritis dan konstruktif jalannya pemerintahan di daerah yang terkait. (ril/ali)