Wisata Landak River Hancur, Banjir Bandang Bahorok Juga Hanyutkan Belasan Ternak Warga Desa Timbang Lawan

oleh -92 views

POSMETROMEDAN.com – Bencana banjir bandang Sei Landak Kecamatan Bahorok Rabu, (18/11/2020) dini hari, mengejutkan publik. Wisata Landak River ini diminati pengunjung lokal dan domestik. Tidak ketinggalan turis mancanegara sebelum adanya wabah Covid -19, kawasan ini cukup padat kunjungan.

Pemandian alam yang cukup nyaman bagi keluarga terutama anak-anak karena air Sei Landak tidak terlalu besar dan tenang selain masih cukup asri. Namun kini telah porak-poranda akibat terjangan luapan air sungai dibarengi kayu mentah dari kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

BACA JUGA..  Manten Baru Tewas di Rumah Mertua, Keluarga Curiga Dibunuh

Informasi dihimpun dari berbagai sumber menyebutkan, khusus daerah wisata Landak River delapan penginapan/villa warga rusak belum termasuk pondok dan joglo serta warung di pinggir sungai. Selain itu areal pertanian warga yang berada di aliran sungai seperti karet dan kelapa sawit tumbang terseret ganasnya luapan air.

Dibagian hilir, sapi ternak warga Desa Timbang Lawan juga ditemukan tak bernyawa yakni dua ekor sapi milik Muhammad Efendi dan satu ekor milik Junaidi. Selain itu 13 ekor kambing milik Risman Tarigan juga ditemukan mati dipinggir sungai. Ternak-ternak itu mati akibat dampak Luapan ketinggian air di daerah wisata Salang Pangeran

BACA JUGA..  Puluhan Rumah Terbakar di Belawan 

Sekretaris Desa (Sekdes) Timbang Lawan, Ahmat Syarif dikonfirmasi membenarkan hal itu. Kerugian materi kedua peternak sapi dan kambing ditaksir mencapai Rp 50 juta. Selain itu ada juga rumah warga serta jembatan gantung di wisata pemandian Salang Pangeran tak luput dari bencana bandang ini. Akibat kerusakan, khusus Desa Timbang Lawan kerugian diperkirakan Rp750 juta lebih, urainya. (sut)

BACA JUGA..  Dua Pembakar Rumah Warga Beringin Diciduk dari Batam